Mengenal Jenis-jenis Kecap

Mengenal Jenis-jenis Kecap

Warnanya boleh saja sama hitamnya dengan kecap manis, tetapi sudah tahukah Anda perbedaan kecap-kecap berikut ini?

Kecap Asin
Kendati terbuat dari bahan dasar yang sama, yakni kedelai hitam, kecap asin memiliki tekstur dan rasa yang berbeda dengan kecap manis. Teksturnya encer dan rasanya asin, karena dalam pembuatannya diberi tambahan garam. Itulah mengapa dalam beberapa masakan oriental, kecap asin sering digunakan sebagai subtitusi garam dapur.

Kecap Ikan
Rasanya serupa dengan kecap asin, tetapi karena kecap ini menggunakan ikan yang difermentasi sebagai bahannya. Oleh sebab itulah ia memiliki aroma ikan, dan kemudian dinamai kecap ikan. Cocok untuk memasak aneka hidangan laut.

Kecap Jepang
Di Jepang, kecap ini populer dengan nama Shoyu. Terbuat dari hasil fermentasi kedelai, dengan rasa yang gurih. Bisa digunakan untuk segala hidangan, karena di Jepang, Shoyu biasa dipakai sebagai penyedap. Ada dua jenis Shoyu yang biasa dijual di supermarket, yaitu Koikuchi, yang agak pekat dan beraroma kuat, dan Usukuchi yang agak encer dan ringan.

Kecap Inggris
Punya nama beken Worcestershire Sauce atau Worcester Sauce, kecap ini terbuat dari campuran cuka, gula, molase, air, cabai, kecap asin, lada hitam, dan rempah-rempah lainnya. Kecap jenis ini biasa digunakan untuk memasak daging dan ayam.

-----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa

catatan dapur, kecap, jenis, macam, ragam

Artikel Terkait

Comments