Icip Citarasa Toraja Lewat Coffee Shop

Icip Citarasa Toraja Lewat Coffee Shop

Tak hanya mendapat tempat di kalangan penikmat kopi nusantara, kenikmatan kopi toraja membuatnya kian mendunia. Namun di Toraja Coffee House, tampaknya Anda tak hanya bisa menyesap nikmatnya kopi toraja, tetapi juga menyelami ragam kuliner khas Toraja yang tak kalah memikat.
 
Seperti halnya café pada umumnya, Anda akan temukan beberapa barista yang stand by di counter, siap meracik kopi yang Anda inginkan. Ragam pilihan kopi dihadirkan untuk berbagai kalangan. Anda yang tak terlalu suka kopi, bisa coba Iced White Float, atau minuman-minuman non coffee lainnya seperti hot chocolate dan milkshake. Sementara Anda yang ingin kopi bercitarasa bold, bisa coba beberapa variasi manual brew seperti V60, Aero Press, atau Tubruk.
    
Hadirkan Colenak di atas meja Anda sebagai teman minum kopi. Manisnya tape singkong bakar, disajikan bersama saus gula merah dan santal kental yang gurih. Tak hanya Colenak, di buku menu Anda juga bisa temukan berbagai pilihan kudapan tradisional seperti singkong goreng, singkong rebus, tempe mendoan, bakwan jagung, hingga pisang goreng dan roti bakar. Kudapan-kudapan yang memang klop jika dijodohkan dengan secangkir kopi.
    
Menuju ke ranah makanan berat, Anda akan temukan beberapa jenis makanan khas Toraja yang diberi judul ‘Toraja Special Food’. Menu Toraja yang WI rekomendasikan adalah Beef Pamerasan. Dari segi tampilan, menu ini mirip rawon, berkuah hitam. Namun tidak sepekat rawon, karena menggunakan kluwak Toraja. Rasanya cenderung gurih dan ada aroma khas serai ketika menyeruput kuahnya. Untuk menu pamerasan ini, Anda bisa pilih antara beef atau ikan.
    
Menu khas Toraja yang tak kalah enak adalah Ayam Sarre. Hidangan ini juga berkuah, tetapi bening, seperti soup. Seperti namanya, Ayam Sarre yang berarti ‘ayam serai’, maka Anda akan merasakan citarasa dan aroma serai yang meledak-ledak di mulut ketika menyantap menu ini. Nikmat dan membuat hangat tenggorokan.
    
Baik Beef Pamerasan maupun Ayam Sarre, disajikan bersama nasi putih hangat dan Sambal Katokkon. Lagi-lagi, khas Toraja. Katokkon sendiri merupakan jenis cabai yang hanya tumbuh di dataran Toraja. Bentuknya agak bulat, menyerupai paprika kecil. Tetapi memiliki rasa pedas yang berbeda dengan cabai pada umumnya.
    
Selain menu khas Toraja, ada juga beberapa menu western yang di-nusantara-kan. Seperti Spaghetti Cakalang Rica. Spaghetti yang dimasak dengan bumbu rica-rica dan diberi topping potongan ikan cakalang. Disajikan dengan sepotong bakwan jagung. Nikmat!

-------
Toraja Coffee House
Jl. Casablanca No.1B, Tebet, Jakarta Selatan.
Telp: 021 28542136

Jam buka: 07.00 – 22.00 WIB
Harga: ± Rp. 20.000 – Rp. 100.000 per sajian

------
Teks & Foto: Nydia Jannah

makan di mana, coffee shop

Artikel Terkait

Comments