Fakta Di Balik Diet Mayo

Fakta Di Balik Diet Mayo

Diet mayo dikenal sebagai salah satu diet populer yang 'mujarab' menurunkan bobot tubuh seseorang. Tetapi siapa sangka di balik keyakinan tersebut, ada fakta tersembunyi mengenai diet mayo yang belum banyak diketahui masyarakat.

Sebenarnya yang menjadi peraturan utama dalam diet mayo adalah menekan konsumsi garam, memperbanyak konsumsi air putih serta dilarang makan di atas jam 18.00 selama 14 hari lamanya. Dan bila melanggar, maka diet mayo harus dilakukan perhitungan awal kembali.

dr. Diana F. Suganda, M.Kes, Sp.GK menjelaskan beberapa fakta menarik mengenai diet mayo.

  1. Dengan tidak mengonsumi garam, maka orang yang menjalani det mayo biasanya akan lebih sering buang air kecil karena sifat natrium yang mengikat air. Hal itulah yang menyebabkan turunnya berat badan.
  2. Larangan makan di atas pukul 18.00 dengan kekhawatiran akan menjadi lemak tidak benar. Karena proses pencernaan dalam tubuh tidak mengenal waktu. Dan yang harus diperhatikan adalah indeks kalori selama satu hari, bukan waktu konsumsi makanan.
  3. Larangan untuk cheating dan melakukan diet mayo selama 14 hari tidak dapat dibenarkan. Untuk menjaga berat badan tetap ideal, pola makanan harus terus dijaga dan tidak hanya berpegang pada kurun waktu diet tertentu.
  4. Larangan mengonsumsi air dingin dengan anggapan mengganggu metabolisme tidak terbukti adanya.

Benahi Mindset
Memiliki berat badan ideal memang menjadi pemicu utama banyak orang yang melakukan diet mayo. Namun dr. Diana menghimbau agar penurunan berat badan tidak menjadi tujuan utama. Pola makan sehat dan seimbang tetap harus menjadi prioritas utama bagi semua orang.

----
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

 

diet, bugar, diet mayo, fakta

Artikel Terkait

Comments