Kuliner Peranakan Bercitarasa Klasik

Kuliner Peranakan Bercitarasa Klasik

Memasuki restoran yang berlokasi di jalan Taman Kebon Sirih ini, Anda akan menjumpai nuansa sebuah rumah klasik bergaya Belanda, dengan hembus Tiongkok dari berbagai ornamen yang menghiasinya.

Seperti lukisan-lukisan yang mengisahkan kehidupan warga peranakan Tiongkok di Indonesia pada masa lampau, lampu-lampu bergaya khas Negeri Tirai Bambu, hingga private room yang dibedakan berdasarkan warna. Pengunjung pun bisa memilih warna ruangan yang diinginkan, di mana setiap warna memiliki makna baik masing-masing, menurut budaya Tiongkok. Seperti warna merah yang melambangkan kemakmuran. atau warna hijau yang melambangkan kesehatan.

Dalam khazanah perkulineran Indonesia sendiri, kuliner peranakan menjadi salah satu yang bisa dibilang tak pernah lekang, dari dulu hingga kini. Maka Kedai Sirih Merah hadir, sebagai resto yang mengkhususkan diri dalam penyajian kuliner peranakan, yang bercitarasa klasik.

Menyambut momen Idul Fitri tahun ini, Kedai Sirih Merah pun mengeluarkan beberapa menu spesialnya. Seperti Paket Hantaran Lebaran, yang terdiri dari ketupat, ayam opor, semur tahu telur, orek tempe, sambal goreng, sambal udang pete, dan sayuran lainnya, untuk 6 porsi. Dikemas cantik, lengkap dengan kartu ucapan selamat Idul Fitri. Menu ini dibanderol dengan harga Rp. 585.000.

Ada juga Mini Nasi Tumpeng, untuk porsi satu orang, terdiri dari nasi tumpeng mini, lengkap dengan aneka lauk lain khas nasi tumpeng, seperti balado kentang, semur daging, sayur buncis, sambal, dan emping. Enak dan mengenyangkan.

Selain menu spesial Hari Raya, ada beberapa menu tetap di Kedai Sirih Merah yang WI rekomendasikan untuk dicoba, seperti Ikan Bakar Pecah Kulit, yang juga merupakan menu andalan resto ini. Ikan laut berukuran besar, yang telah dicabut durinya, dibakar dengan bumbu parape khas Makasar hingga kulitnya garing. Disajikan bersama dua macam sambal, yaitu sambal kecap dan sambal dabu-dabu.

Tak kalah nikmat, ada Sapo Tahu Seafood, yang memadukan lembutnya tekstur tahu, dengan gurihnya udang yang menggugah selera. Sebagai pelengkap, Kedai Sirih Merah juga menyediakan aneka tumisan, dengan citarasa khas rumahan, seperti Tumis Tauge.

Untuk minumannya, ada si primadona, Es Sirih Merah, yang berisi cincau, selasih, buah-buahan, es serut, dan disiram sirup cocopandan. Segar dan cocok sekali dijadikan minuman pelepas dahaga setelah seharian berpuasa.

------
Kedai Sirih Merah
Jl. Taman Kebon Sirih 1 No.5
RT.10/RW.10, Kp. Bali
Tanah Abang - Jakarta Pusat

Telp. : (021) 3911227
Jam Buka : 10.00 – 22.00 WIB
Harga : ± Rp. 10.000 – Rp. 200.000 per sajian

------
Teks & Foto: Nydia Jannah

kuliner, restoran, peranakan, tiongkok

Artikel Terkait

Comments