Manajemen Keuangan Untuk Freelancer

Manajemen Keuangan Untuk Freelancer

Jumlah dan waktu pemasukan yang tidak tetap menjadi salah satu permasalahan utama yang ditemui oleh para pekerja lepas.  Kendati demikian, masalah ini bukan berarti tak punya solusi. Mengelola keuangan dengan cermat merupakan kunci utama.

Menjadi seorang pekerja lepas memiliki beberapa kelebihan juga kekurangan. Salah satu kekurangan menjadi pekerja lepas ialah pemasukan yang tidak tetap, baik secara nominal maupun secara frekuensi.
Oleh karena itu, Anda wajib mempertimbangkan beberapa hal yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan. Karena bila tidak, stabiitas keuangan akan menjadi kacau balau dan berujung pada hutang.
Cermat dalam mengelola keuangan menjadi sangat penting dilakukan oleh semua orang, terlebih para pekerja lepas. Beberapa langkah ini akan membantu Anda mengatur keuangan sebagai pekerja lepas.

MINIMALKAN PENGELUARAN
Sebagai pekerja lepas dengan pemasukan tidak menentu, maka Anda wajib membuat skala prioritas kebutuhan. Anda bisa meletakkan kebutuhan-kebutuhan rutin terlebih dahulu. Menekan gaya hidup konsumtif juga harus Anda hindari, karena pengeluran remeh temeh tersebut bisa Anda alihkan sebagai tabungan di bulan mendatang.

SIAPKAN DANA DARURAT
Memiliki dana darurat adalah salah satu hal penting yang tidak boleh dllupakan. Pendapatan yang fluktuatif akan menyulitkan Anda memenuhi kebutuhan saat tidak mendapat pekerjaan. Untuk itu, dana darurat arus disiapkan sebesar 30% dari tiap kali pendapatan. Sebagaimana pengeluran utama, pos untuk dana darurat harus dipisahkan terlebih dahulu dan tidak menunggu sisa uang.

MENGATUR CASHFLOW
Selain mengatur pengeluaran, merencanakan pendapatan tidak boleh Anda lewatkan. Anda harus membuat proyeksi  pekerjaan selama beberapa bulan kedepan, sehingga bisa menghitung secara kotor pemasukan yang didapat. Dari perhitungan itulah, Anda akan bisa menyusun daftar pengeluaran.

MEMISAHKAN REKENING BANK
Membuka rekening yang berbeda antara rekening pribadi dan pekerjaan dapat menjauhkan Anda dari risiko pengeluaran berlebih. Dengan demikian, Anda bisa mengetahui dengan pasti berapa jumlah uang yang Anda dapatkan dan yang telah dikeluarkan. Selain rekening pribadi dapat Anda gunakan untuk menerima beberapa pemasukan lain diluar pekerjaan sebagai pekerja lepas.

INVESTASI
Sebagai pekerja lepas, sudah tentu Anda mengandalkan kemampuan diri untuk menghimpun pundi-pundi uang. Karena itu, Anda wajib berinvestasi untuk menunjang masa depan. Selain melakukan investasi  keuangan dengan membeli reksa dana, tabungan berjangka, investasi emas ataupun properti. Namun selain itu, Anda juga harus berinvestasi pada pekerjaan Anda. Membeli barang-barang yang dapat menunjang pekerjaan lebih baik, menambah kemampuan dengan mengikuti workshop berbayar ataupun membayar  pihak ketiga untuk mendongkrak order.

----
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

keuangan, freelancer

Artikel Terkait

Comments