Makanan Indonesia yang Mendapatkan Pengaruh Tionghoa

Makanan Indonesia yang Mendapatkan Pengaruh Tionghoa

Keberagaman budaya di Indonesia tak hanya lahir dari pribumi saja, tetapi juga dari bangsa lain yang sejak lama menetap di Indonesia. Bangsa Tionghoa misalnya, yang masuk ke Indonesia sejak abad kelima Masehi, jelas memberi warna dalam keragaman Indonesia. Termasuk dalam hal kuliner, tahukah Anda bahwa beberapa makanan populer berikut, ternyata berasal dari Tiongkok?

Bakso
Penganan berbentuk bulat yang terbuat dari olahan daging dan tepung ini populer sekali di Indonesia. Bahkan dewasa ini, banyak pembuat bakso yang mencoba mengkreasikan bakso ke dalam bentuk-bentuk lain seperti bakso buaya atau bakso mangkuk. Namun, ternyata makanan ini bukanlah berasal dari Indonesia, melainkan dari Tiongkok. Oleh masyarakat Tionghoa, bakso awalnya dibuat dengan menggunakan daging babi. Lalu ketika dibawa ke Indonesia, mereka pun menggantinya dengan daging sapi.

Lumpia
Makanan yang identik dengan kota Semarang ini ternyata merupakan kudapan khas Negeri Tirai Bambu. Lembaran tipis yang diisi dengan sayuran dan daging ini dikabarkan masuk ke Indonesia pada abad ke-19. Lumpia yang awalnya diisi dengan potongan rebung dan daging babi pun mengalami penyesuaian, dengan diganti menggunakan daging ayam atau udang.

Siomay
Kudapan yang sering dikaitkan dengan Kota Bandung ini juga berasal dari Tiongkok, yang dalam bahasa Mandarin disebut Shaomai. Aslinya, sajian daging cincang yang dibungkus kulit pangsit ini merupakan salah satu menu yang terdapat dalam Dim Sum, makanan khas Tiongkok. Seiring waktu, Siomay pun mengalami penyesuaian, agar sesuai dengan lidah orang Indonesia. Kini Siomay yang kita kenal biasa disajikan bersama aneka pelengkap seperti kentang, kol, pare, lalu disiram dengan bumbu kacang yang kental.

Ronde
Ketika menghabiskan malam di Yogyakarta, tentu Anda akan mencari minuman hangat khas kota pendidikan ini, yang bernama Wedang Ronde, bukan? Nah, usut punya usut, Ronde ternyata merupakan makanan tradisional Tiongkok yang populer dengan nama Tangyuan. Terbuat dari adonan tepung ketan yang diberi isian, dibentuk bola, lalu direbus. Di Tiongkok, Ronde biasa dinikmati ketika ada festival Lampion (Festival Yuanxiao), bersama keluarga.

----
Teks: Nydia Jannah
Foto: dreamstime

catatan dapur, tionghoa, makanan khas tionghoa

Artikel Terkait

Comments