Ragam Elemen Dekoratif

Ragam Elemen Dekoratif

Sebuah ruangan akan terasa kurang lengkap bila tidak dibubuhi dengan berbagai hiasan komplemen. Karena itu, kehadiran pernak pernik hiasan seolah menjadi pelengkap yang menyempurnakan tata ruang secara keseluruhan.

Acap kali pemilik hunian tidak tepat memilih ornamen dekoratif yang sesuai dengan desain interior. Biasanya hal ini terjadi hanya karena mengedepankan subjektivitas.
Alih-alih menyukai satu benda pajangan, Anda lantas melupakan kesesuaiannya dengan ruangan. Jadi, hiasan apa saja yang bisa dijadikan pilihan untuk memperindah ruangan?

WALLPAPER
Wallpaper memang mampu memberi kemeriahan, tetapi memasang wallpaper di seluruh dinding hanya akan membuat hunian terlihat sesak dan berlebihan. Anda bisa mengaplikasikan wallpaper dengan motif abstrak atau geometris berwarna senada di salah satu sisi ruangan bergaya kontemporer. Komposisi seimbang antara model furnitur, warna dan pola wallpaper wajib diseimbangkan.

WALL STICKER
Bila wallpaper telah lebih dahulu dikenal, maka wall sticker kini juga banyak dilirik untuk menghias dinding rumah. Umumnya, wall sticker memiliki suatu bentuk tertentu dan tidak menutupi seluruh permukaan dinding. Wall sticker banyak diminati karena pemasangannya dapat disesuaikan dengan area kosong yang tersedia dan nampak lebih unik terlebih bila dipadukan dengan peletakan furnitur yang sesuai.

TIPOGRAFI
Sejak beberapa tahun belakangan, penggunaan tipografi sebagai salah elemen dekoratif memang banyak ditemukan. Anda bisa menggunakan tipografi sebagai hiasan dinding dalam bingkai minimalis ataupun menuliskannya langsung pada salah satu sisi dinding. Anda bisa memilih kata-kata bijak kesukaan Anda, nama, ataupun kata-kata lain sesuai keinginan. Pastikan skala tipografi sesuai dengan besar ruangan, warna dasar cat dinding dan banyaknya furnitur yang ada dalam ruangan tersebut.

TANAMAN HIDUP
Hunian hijau yang banyak menggunakan tanaman hidup di dalamnya kini juga bisa Anda jadikan inspirasi. Penggunaan banyak tanaman hias dalam rumah mampu menghadirkan kesan asri, teduh sekaligus estetik. Namun bukan sembarang tanaman digunakan sebagai elemen dekoratif. Jenis tanaman seperti monstera, kaktus, sirih gading, spider plant, bamboo palm dan aloe vera bisa menjadi opsi. Ukuran pot, warna pot, ukuran tanaman serta jenis tanaman sangat penting disesuaikan dengan ruangan.

-----
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

graha, elemen, dekoratif, interior

Artikel Terkait

Comments