Ragam Jenis Kurma

Ragam Jenis Kurma

Dari tahun ke tahun momen berbuka saat Ramadan memang selalu terasa istimewa. Sebab ada beberapa makanan yang hanya populer di bulan suci ini saja contohnya kurma. Buah manis asal Timur Tengah ini bisa dibilang jadi favorit karena rasanya yang legit juga kaya manfaat.
    
Meskipun sekilas tampilannya sama, kecil – lonjong dan rata-rata berwarna coklat gelap, kurma ternyata memiliki ratusan jenis loh. Daripada bingung saat akan membeli kurma, yuk kenali 5 jenis kurma populer yang WI rekomendasikan ini.

Kurma Ajwa
Terkenal juga dengan sebutan Kurma Nabi, Kurma Ajwa ini memiliki bentuk yang agak bulat, kecil, dan kulit yang berwarna kehitaman. Disebut Kurma Nabi karena memang menurut sejarah, kurma jenis ini adalah kurma yang disukai oleh Nabi Muhammad SAW.
Kurma Ajwa ini memiliki rasa yang manis, seperti kurma pada umumnya, dan tekstur daging yang sangat halus ketika dimakan. Kabarnya, kurma ini juga merupakan buah tangan paling diburu oleh para jemaah haji di Makkah setiap tahunnya.

Kurma Mazafati
Kalau kurma asal Iran ini dikenal juga dengan nama Kurma Madu. Warnanya coklat gelap, dengan permukaan kulit yang cukup halus, teksturnya lembut, padat, dan agak berair. Rasanya yang semanis madu membuat kurma ini banyak digemari sebagai takjil untuk berbuka puasa.

Kurma Deglet Noor
Warnanya coklat muda, lebih cerah dari warna kurma lainnya, dan biasa disajikan segar dengan tangkainya. Kurma jenis ini banyak ditanam di Algeria dan Tunisia. Teksturnya cenderung kering, agak renyah, dan rasanya legit tapi tidak terlalu manis. Oleh karena itu Kurma Deglet Noor ini juga kerap dimanfaatkan sebagai campuran kue dan puding.

Kurma Medjool
Kurma yang berasal dari Arizona, Amerika Serikat ini, sering dijuluki sebagai ‘raja kurma’ karena ukurannya yang dua kali lebih besar dari kurma pada umumnya. Meski begitu, Kurma Medjool memiliki tekstur yang empuk dan cenderung lembut. Rasanya yang manis juga membuat kurma ini menjadi primadona yang banyak diburu.

Kurma Khidri
Kurma Khidri ini memiliki tekstur yang kering dan agak kenyal, serta rasa yang tidak terlalu manis. Itulah mengapa kurma ini banyak dimanfaatkan sebagai kurma olahan, dengan memberinya beragam isian seperti kacang almond ataupun cokelat. Wah, bisa menjadi referensi camilan berbuka nih.

----
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa