Pilates di Rumah Saat Ramadan

Pilates di Rumah Saat Ramadan

Rani Panggabean, Pemilik dari studio Pilates ID berbagi tips melakukan Pilates di bulan Ramadan agar Anda tetap aktif dan fit meski menjalani puasa. Menurutnya, Pilates di rumah saat Ramadan sebaiknya lebih berfokus pada streching, karena kebanyakan orang mengurangi intensitas kegiatannya di luar namun tetap penting memiliki mobiltas yang baik.

BRIDGE
Badan dalam posisi tidur sedangkan kaki ditekuk. Tangan dalam posisi lurus memegang matras di sisi kanan dan kuru tubuh. Angkat bagian pinggul setinggi mungkin, kekuatan bertumpu pada otot-otot pinggul dan tulang belakang. Bila Anda tidak mampu mengangkat pinggul terlalu tinggi, maka lakukan semampunya sebanyak 8 set.

CAT STRETCH
Ambil posisi merangkak di atas matras, kepala tertentuk dengan padangan ke arah lantai. Tarik nafas perlahan seraya memainkan otot-otot punggung ke atas dan perut mengencang, lalu buang nafas sambil perlahan mengembalikan posisi punggung seperti semula. Lakuakan sebanyak 8 set.

BIRD
Posisi awal merangkak, lalu angkat tangan kanan dan kaki kiri sehingga lurus seperti hendak terbang sambil menarik nafas. Buang nafas melalui mulut sambil perlahan-lahan kembali posisi awal merangkak. Lakukan di sisi yang bergantian yaitu tangan kiri dan kanan yang diangkat, ulang sebanyak 4 set.

THE SAW
Dalam posisi duduk, buka kaki selebar-lebarnya membentuk huruf V. Luruskan kedua tangan ke arah depan, lalu putar badan secara maksimal (twist) sehingga tangan kanan menggapai ujung kaki kiri. Lakukan pula ke arah sebaliknya dan ulangi sebanyak 4 set.

---
Teks & Foto: Hafni Kusumawardhani