Hindari 5 Hal Ini di Bulan Ramadan

Hindari 5 Hal Ini di Bulan Ramadan

Makanan yang terasa lezat di lidah sebagai hidangan berbuka puasa, ternyata berdampak kurang baik pada kebugaran tubuh. Wajar saja bila Anda menjadi lemas, pusing serta sulit berkonsentrasi saat berpuasa di siang hari.

Bulan Ramadan ternyata tidak hanya memberikan suasana yang khas dan berbeda, namun juga melahirkan rutinitas baru dalam rentang waktu satu bulan tersebut. Menahan rasa haus dan lapar dari pagi hingga menjelang malam hari, membuat tidak sedikit orang mengonsumsi makanan-makanan enak yang sebenarnya tidak sehat.

Menurut Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, seorang Dokter Spesialis Gizi menyatakan bahwa makanan-makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka seperti aneka gorengan, minuman dingin (es), kolak bersantan kental memiliki dampak yang tidak baik bagi tubuh.

“Berbuka dengan makanan yang terlalu manis dan rendah vitamin mineral akan menyebabkan produksi insulin meningkat sehingga glukosa darah secara cepat diubah menjadi energi dan simpan glikogen akibatnya terjadi penurunan kadar glukosa darah secara cepat dan ini akan menimbulkan kelelahan,” ujarnya.

Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes, memaparkan 5 kesalahan dalam mengonsumsi makanan saat berpuasa yang sering tidak disadari.

  1. Berbuka dengan es, padahal sebenarnya ini dapat mengakibatkan penyerapan air menjadi lambat dan tidak bisa secara cepat menggantikan cairan tubuh, bahkan berpotensi menyebabkan sakit kepala
  2. Berbuka dengan porsi besar yang didominasi oleh kelompok karbohidrat yang membuat perut menjadi penuh, pasokan oksigen ke otak berkurang sehingga akhirnya mengantuk.
  3. Asupan makan malam tinggi karbohidrat dan waktunya terlalu dekat dengan jam tidur, mengakibatkan sulit bangun di waktu sahur.
  4. Mengonsumsi teh kental, kopi serta minuman ringan saat sahur bersifat diuretic yang membuat tubuh lebih sering berkemih dan akhirnya dehidrasi.
  5. Langsung berbaring setelah makan sahur menyebabkan makanan tidak dicerna dengan baik yang justru dapat mengakibatkan lelah, pusing, mual bahkan refluk asam lambung.

----
Teks: Hafni Kusumarwardhani
Foto: Istimewa

bugar, makanan, puasa, hindari

Artikel Terkait

Comments