Asupan Tepat di Bulan Ramadan Agar Tubuh Tetap Bugar

Asupan Tepat di Bulan Ramadan Agar Tubuh Tetap Bugar

Di bulan Ramadan, terkadang kita memanjakan rasa dan perut dengan alasan sebagai reward setelah seharian menahan lapar dan haus. Tetapi tahukah Anda, agar tubuh tetap bugar, dalam arti tidak cepat lelah saat beraktivitas di bulan Ramadan, Dr.Rita Ramayulis, DCN, M.Kes menjelaskan makanan yang sebaik dikonsumsi ketika berpuasa. Makanan jenis apa sajakah itu?

  1. Cairan, yang bisa diperoleh melalui konsumsi air putih, buah dengan kandungan air tinggi serta sayur-sayuran yang dimasak dengan banyak air seperti sup atau sayur bening yang bisa dikonsumsi saat sahur, berbuka dan makan malam. Kekurangan cairan dapat menyebabkan darah menjadi lebih kental dan tidak mampu membawa oksigen ke seluruh sel tubuh.
  2. Mikronutrien rendah terutama zat besi, zink, kalsium dan vitamin C yang dapat diperoleh dari sayur, buah dan makanan sumber protein hewani terutama rendah lemak dan nabati. Mikronutrien ini berfungsi antara lain untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh, memelihara kekuatan otot dan memelihara membran sel.

Sebaliknya, ada beberapa jenis makanan yang sepantasnya Anda hindari untuk dikonsumsi di bulan Ramadan. Apalagi jika Anda mengonsumsinya secara berlebihan.
 

  1. Makanan yang sangat pedas, asin, asam, berlemak (gorengan), makanan bergas (nangka, kol, duren), makanan bersantan kental (kolak, gulai) serta makanan yang sangat berlemak (jeroan).
  2. Minuman yang bersifat diuretic seperti teh kental dan kopi.

----
Teks: Hafni Kusumarwardhani
Foto: Istimewa

bugar, asupan tepat

Artikel Terkait

Comments