Paduan Motif Batik dan Warna-Warni Pastel ala Khanaan dan Ria Miranda

Paduan Motif Batik dan Warna-Warni Pastel ala Khanaan dan Ria Miranda

Ria Miranda, Kami, Vivi Zubedi, Ayu Dyah Andari, Barli Asmara, Khanaan, Kamilaa by Itang Yunasz dan NRHxNabilia berkolaborasi menghadirkan koleksi Ramadan dan Hari Raya tahun ini dalam sebuah event yang diselenggarakan oleh fashion online bertema ZaloraRamadhan2018.

Tema Gadis Minang diangkat oleh Ria Miranda pada koleksi “Minang Rancak” yang menceritakan perilaku, sifat dan tipikal seorang gadis Minang. Warna-warna pastel yang lembut dan cutting pakaian yang simpel nan sederhana memberikan kesan menawan dan merepresentasikan sosok gadis dari tanah Padang.

(Ki/Ka): Khanaan Shamlan, Ria Miranda, dan Anthony Fung

Ria Miranda mengatakan, “Dalam kolaborasi ini, saya menuangkan identitas diri saya yang berasal dari Padang. Saya terinspirasi dari gadis Minang yang terkenal dengan sifatnya yang lemah lembut dan menyenangkan. Inspirasi ini kemudian saya realisasikan dengan desain koleksi yang didominasi oleh warna – warna pastel seperti merah muda, biru, hijau, coklat dan abu – abu. Saya dapat katakan bahwa Minang Rancak merupakan sebuah koleksi yang sangat spesial karna ini merupakan apresiasi saya terhadap tanah kelahiran saya.”

Lain dengan Ria Miranda, Khanaan meluncurkan koleksi yang terinspirasi dari motif batik tradisional khas Pekalongan, yaitu Jlamprang. Kemala dipilih sebagai nama koleksi kali ini karena terinspirasi dari bentuk bunga lotus atau biasa yang disebut Kemala. Koleksi ini menggambarkan motif geometris yang direalisaikan kedalam teknik batik pada busana ready-to-wear. Warna-warna lembut seperti nude, biru muda, merah bata dan kuning dipadukan dengan penggunaan material seperti silk dan georgette yang memberikan kesan elegan.

Khanaan Shamlan menyampaikan, “Motif batik Jlamprang yang digunakan terinspirasi dari bentuk bunga lotus yang merupakan pengembangan motif potola dari India. Koleksi Khanaan memang selalu identik dengan penggunaan motif batik. Namun, di koleksi eksklusif dengan ZALORA kali ini, saya ingin membuat koleksi batik yang dapat ditujukkan kepada generasi muda. Merubah persepsi generasi muda terhadap batik yang terkesan tua dan juga tidak stylish.”

Pada private trunkshow tersebut, 10 busana preview ditampilkan bekerjasama dengan Wardah sebagai partner official make up & hair-do.

--

Teks & Foto: Mreizghi Alvio Linchia


 

Fashion, Mode, Modestwear, ZALORA, Khanaan, Ria Miranda, 2018

Artikel Terkait

Comments