Tips Tetap Produktif Meski Berpuasa

Tips Tetap Produktif Meski Berpuasa

Menjalani tuntutan pekerjaan dalam kondisi berpuasa selama lebih dari 10 jam pastinya bukan perkara mudah. Perut yang lapar, energi yang menyusut serta mata mengantuk, dijamin akan membawa Anda ke titik produktivitas terendah. Sebab itulah, dibutuhkan strategi khusus untuk menghalaunya.

Saat berpuasa, tubuh menjadi terasa lemas, kepala menjadi lebih sering terasa pusing, sering mengantuk dan sulit berkonsentrasi. Kondisi ini membuat Anda sulit bekerja dengan optimal seperti biasanya. Sayangnya, tak ada pengecualian dalam bekerja. Atas nama profesionalitas Anda dituntut mampu menunjukkan kinerja terbaik apapun kondisinya.

Hal ini memang harus dapat ditangani dengan baik. Karena jika tidak, ini akan menjadi persoalan besar bagi Anda atau mungkin juga rekan kerja satu tim. Penting untuk mengetahui langkah-langkah apa yang harus dilakukan agar tetap semangat bekerja di bulan Ramadan.

ASUPAN TEPAT
Hal pertama yang harus diingat adalah penting untuk mengonsumsi makanan bergizi saat berbuka maupun sahur agar mampu kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi dengan baik. Nutrisi yang tidak terpenuhi dengan baik akan menghasilkan kondisi fisik yang tidak prima. Pastikan Anda mengonsumsi makanan yang kaya protein serta karbohidrat cukup agar kenyang lebih lama. Anda juga bisa mengonsumsi minuman seperti susu saat sahur serta banyak air putih agar tidak dehidrasi.

RILEKS
Saat Anda merasa terlalu tegang dan pikiran mulai penat, biasanya akan sulit untuk meneruskan pekerjaan di saat itu. Maka tak ada salahnya Anda mencoba  menghela nafas panjang, meregangkan tubuh di kursi, berjalan-jalan sebentar ke luar ruangan, atau mungkin membasuh wajah di kamar mandi. Selain mengusir stres, cara ini juga dapat mengusir rasa kantuk sehingga pikiran akan kembali fokus.

TIDUR SIANG
Tidak ada salahnya Anda meluangkan waktu istirahat untuk memejamkan mata sejenak. Setelah melaksanakan ibadah solat Dzuhur, Anda bisa tidur selama 10 – 20 menit agar pikiran menjadi lebih segar saat terbangun. Tetapi jangan sampai  tidur terlalu lama, karena alih-alih menjadi segar Anda justru akan merasa sangat lelah dan mengantuk.

MUSIK BAGUS ADALAH KUNCI
Dalam banyak literatur, musik memang dipercaya mampu memperbaiki mood seseorang serta meningkatkan kewaspadaan sehingga Anda menjadi lebih fokus. Mendengar musik saat bekerja dapat Anda lakukan. Pastikan pula Anda memutar lagu-lagu favorit atau lagu dengan tempo beat-up yang membangkitkan semangat.

PULANG TEPAT WAKTU
Ketika Anda bisa fokus menyelesaikan pekerjaan dengan langkah-langkah sebelumnya, maka seharusnya Anda tidak perlu lembur demi menyelesaikan pekerjaan. Usahakan agar bisa pulang tepat waktu, sehingga Anda bisa berbuka puasa dengan keluarga di rumah, beribadah dan tidur lebih cepat. Manajemen waktu yang baik ini akan menghindari dari rasa lelah berlebih di esok hari.

----
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

karier, puasa, produktiv

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments