Ini Rahasianya Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat Selama Ramadan

Ini Rahasianya Agar Tubuh Tetap Fit dan Sehat Selama Ramadan

Agar badan tetap sehat selama Ramadan, kita dianjurkan untuk memperbanyak asupan gizi saat sahur (subuh) dan berbuka (setelah matahari terbenam). Salah satu santapan tradisional yang populer di waktu sahur dan berbuka adalah kolang-kaling. Buah asli Indonesia ini diklaim dapat membantu tubuh untuk tetap fit dan sehat, walaupun pola makan kita berubah di bulan puasa.

Sebuah studi  menemukan bahwa puasa bisa menyebabkan sakit kepala, dehidrasi, kadar gula darah rendah, hingga kelelahan. Guna mensiasati itu semua, maka di saat sahur dan berbuka, kita diwajibkan mengonsumsi menu-menu yang mampu membantu tubuh tetap fit dan sehat selama menjalankan ibadah  puasa.

Salah satu buah yang begitu dekat dengan masyarakat indonesia adalah kolang-kaling. Rasanya yang enak dan menyegarkan membuat penjualan  kolang-kaling selama bulan Ramadan meningkat hingga 100 %.

Kolang-kaling yang berasal dari pohon aren (Arenga Pinnata) ini pada umumnya kaya akan kandungan serat pangan larut yang dapat membantu mempertahankan dan memelihara saluran pencernaan. Vitamin C sangat penting untuk pembentukan dan memelihara jaringan tubuh.

Kini  menikmati kolang-kaling tidak saja dalam bentuk es buah atau  manisan saja, namun juga telah tersaji dalam kemasan minuman segar.

Dengan beragam manfaat yang menyehatkan, Mustika Ratu, sebuah brand kesehatan dan kecantikan Indonesia pun meluncurkan minuman ready-to-drink (RTD) kolang-kaling yang pertama di Indonesia. Minuman ini mengandung bahan kolang-kaling natural 100%, dengan kemasan yang praktis dan nyaman untuk dibawa kemana saja.

“Konsep RTD sangatlah tepat karena sekarang mereka bisa meminumnya kapan saja dan dimana saja, tanpa perlu persiapan lain,” ungkap Tika Sumarya, Junior Product Manager dari Kolang-Kaling Mustika Ratu.

Tika menambahkan , permintaan terhadap minuman kolang-kaling terus meningkat, terutama dari pasar Asia dan Amerika Utara.

Apa saja manfaat kolang-kaling untuk kesehatan? Antara lain: menurunkan berat badan, sebagai sumber vitamin, menyehatkan dan mencegah tulang kropos, mengobati gatal-gatal, melancarkan dan menyehatkan pencernaan, meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh dan mengobati radang sendi.

----
Foto: istimewa