3 Cara Mudah Agar Kulkas Awet

3 Cara Mudah Agar Kulkas Awet

Keberadaan lemari es atau kulkas dalam dapur bisa dibilang memiliki fungsi yang sangat penting. Coba perhatikan berapa banyak jenis barang atau bahan makanan yang Anda masukkan ke lemari es? Sudahkah Anda merawat lemari es Anda sesering Anda memasukkan sesuatu ke dalamnya?

Peralatan apa pun tentu akan mudah rusak jika tidak dirawat dan diperlakukan dengan benar, termasuk halnya lemari es. Yuk simak tips berikut ini, agar lemari es di dapur Anda tidak cepat rusak.
 
Pastikan Pintu Tertutup Rapat
Suhu di dalam lemari es tentu lebih rendah dari suhu ruangan. Oleh karena itu, pastikan pintu lemari es Anda telah tertutup sempurna seusai mengambil atau menaruh sesuatu di dalamnya. Hal ini perlu dilakukan agar suhu di dalam lemari es tetap terjaga, dan udara dari luar lemari es tidak masuk.

Kontrol Suhu
Salah satu hal penting yang harus diperhatikan agar lemari es tidak mudah rusak adalah dengan menjaga temperatur di dalamnya. Pada setiap lemari es, pasti terdapat ruang atau bagian freezer. Jika lemari es Anda adalah lemari es satu pintu, di mana untuk memisahkan bagian freezer dengan chiller hanya dengan sebuah penutup rak plastik transparan, maka pastikan untuk selalu menutupnya setelah selesai menaruh atau mengambil sesuatu.
Jika bagian freezer tidak ditutup rapat, maka suhu di dalam freezer bisa mempengaruhi suhu pada chiller, atau sebaliknya. Pastikan juga untuk memperhatikan karet pada pintu lemari es. Jika dirasa sudah kendur, maka segeralah ganti karet tersebut. Karet pintu yang sudah tidak kencang dapat mempengaruhi suhu lemari es.

Jangan Biarkan Kosong Melompong
Ada kalanya mungkin Anda jarang berbelanja dan mengisi lemari es. Sebaiknya, jangan biarkan ia kosong melompong. Sebab ketika lemari es Anda kosong, ia akan bekerja lebih ekstra untuk tetap melakukan pendinginan sesuai dengan suhu yang telah diatur.
Hal ini dapat membuatnya menjadi lebih boros listrik. Sekosong-kosongnya isi lemari es Anda, cobalah untuk tetap menyimpan beberapa botol berisi air, yang akan berfungsi untuk menjaga suhu lemari es, dan tidak boros listrik.

---
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa

catatan dapur, kulkas, lemari es, rawat, tips

Artikel Terkait

Comments