5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

5 Jenis Makanan yang Tidak Boleh Disimpan Dalam Kulkas

Tidak semua benda dan bahan makanan bisa Anda masukkan ke dalam lemari es. Ada beberapa jenis benda atau makanan yang sebaiknya tidak disimpan dalam lemari es, karena akan merusak lemari es Anda atau malah bahan makanan itu sendiri.

Makanan yang Masih Panas
Hindari untuk menyimpan makanan yang baru saja masak di dalam lemari es. Makanan yang masih panas dapan membuat lemari es bekerja lebih keras untuk menyesuaikan suhu. Hal ini lama kelamaan dapat membuat kinerja lemari es Anda tidak lagi optimal. Selain itu, uap dari makanan panas dapat mengontaminasi makanan lainnya yang disimpan di lemari es.

Bawang
Suhu yang rendah dapat membuat bawang merah ataupun bawang putih menjadi cepat rusak. Aromanya yang menyengat juga dapat membuat lemari es Anda dipenuhi bau bawang. Sebaiknya simpanlah bawang-bawangan dalam suhu ruang yang sejuk, atau sekitar 18 derajat celcius.

Pisang
Jangan pernah simpan pisang di dalam lemari es, karena dalam hitungan jam saja, buah ini akan menghitam. Cukup simpan pisang di suhu ruang.

Kopi
Sebaiknya jangan simpan kopi atau biji kpi di dalam lemari es. Sebab, penyimpanan kopi di suhu dingin dapat menimbulkan reaksi kondensasi, yang akan berpengaruh terhadap rasa kopi. Simpanlah kopi di suhu ruang, dalam wadah tertutup.

Tomat
Menyimpan tomat di dalam lemari es dapat membuatnya cepat busuk, karena membran dinding sel pada tomat akan cepat rusak, sehingga membuatnya cepat menjadi lembek.

---
Teks: Nydia Jannah
Foto: Istimewa