Peluang Dari Bisnis Online

Peluang Dari Bisnis Online

Pergerakan pasar global yang kian meluas berkat penjualan secara daring membuat peluang bisnis pada sektor logistik juga semakin terbuka lebar. Karenanya, bisnis logistik menjanjikan profit yang cukup menggiurkan untuk dijalani.

Mengguritanya bisnis jual beli online ternyata juga melahirkan potensi bisnis baru yang diproyeksikan akan terus berkembang seiring dengan signifikansi belanja online, yaitu bisnis multimoda atau yang dikenal dengan bisnis logistik.

Hal ini dibuktikan dengan catatan milik Bank Indonesia yang menyatakan bahwa selama empat tahun terakhir kegiatan pengiriman melalui jasa logistik meningkat hingga 18,1 persen. Dari peningkatan itu, 80 persen di antaranya adalah konsumen dari ritel yang berbelanja melalui online.

Meski bisnis ini membutuhkan modal yang tidak sedikit, namun eksposur yang dimiliki juga diyakini sebanding sehingga akan mampu meraih pendapatan yang tak  sedikit. Untuk itu, Wanita Indonesia memberikan tips membangun bisnis logistik yang dapat Anda terapkan.

Harga Bersaing
Dalam menjalankan bisnis, Anda memang harus melakukan survei terhadap harga produk atau jasa yang sama dipasaran. Pastikan Anda tidak mematok harga yang jauh lebih tinggi dari harga rata-rata bahkan akan lebih baik bila Anda menawarkan harga di bawah itu.
Namun yang perlu dicatat, penawaran harga rendah jangan menjadi alasan untuk memberikan kualitas buruk.Dengan menawarkan harga yang bersaing dengan kualitas di atas rata-rata, bisnis Anda akan memiliki satu poin keunggulan.

Tingkatkan Pelayanan
Seperti yang telah disinggung sebelumnya, kualitas masih menjadi aspek penting yang dipertimbangkan oleh konsumen. Sebagai pelaku bisnis ekspedisi, maka pelayanan yang ramah, pengiriman aman dan cepat, sistem pengiriman yang efisien bisa Anda jadikan priortas utama.
Untuk mewujudkan itu semua, berbagai pengembangan tentu harus dilakukan sehingga tercipta kepuasan pelanggan.

Menggandeng Dengan E-Commerce
Situs jual beli online merupakan salah satu konsumen besar yang bisa ditargetkan oleh para pemilik bisnis logistik. Pasalnya, masyarakat kini lebih banyak melakukan transaksi jual beli online melalui situs jual beli daring resmi.
Oleh karena itu, dengan menjadi rekanan bisnis dari sebuah situs e-commerce akan memberikan keamanan traffic bisnis Anda. Tidak perlu merasa ragu karena bisnis Anda masih tergolong baru, tetapi lakukan ekspansi untuk menyesuaikan kapabilitas bisnis Anda dengan klien.

Lakukan Inovasi
Inovasi tiada henti juga merupakan salah satu kunci sukses dari sebuah bisnis. Anda pantang untuk merasa puas dengan kondisi bisnis yang ada dan teruslah melakukan pembaruan yang dapat meningkatkan kepuasan konsumen.
Anda bisa melakukan inovasi terkait sistem pengiriman yang berbeda dari pesaing di luar sana, seperti membuat sistem berbasis online, penjemputan barang, layanan pembayaran di tempat atau inovasi lainnya.

---
Teks: Hafni Kusumawardhani
Foto: Istimewa

bisnis, bisnis online

Artikel Terkait

Comments