12 Pesepakbola Remaja Thailand yang Terjebak di Gua Berhasil Diselamatkan

12 Pesepakbola Remaja Thailand yang Terjebak di Gua Berhasil Diselamatkan

Kabar baik datang dari misi penyelamatan 13 orang dari klub sepak bola remaja Thailand, Wild Boars. Pada Selasa, 18 Juli 2018 lalu, pencarian yang dilakukan selama berhari-hari ini pun membuahkan hasil.  Dua belas orang anak anggota klub sepak bola yang berusia 11 hingga 16 tahun, bersama 1 orang pelatih berusia 25 tahun, berhasil dievakuasi dalam keadaan selamat.

"Kami tidak yakin apakah ini mukjizat, sains, atau apa. Semua tiga belas Wild Boars sekarang keluar dari goa," ungkap unit angkatan laut yang memimpin penyelamatan seperti yang dilansir dari laman Facebook.

Ketigabelas orang itu ditemukan oleh penyelam asal Inggris dalam keadaan kelaparan, di dalam gua Tham Luang yang gelap, berlumpur dan sebagian besar terendam air. Suasana di lokasi kejadian pun sontak dipenuhi suasana haru  bercampur sedih, lantaran misi penyelamatan ini telah menewaskan salah satu regu penyelamat, Saman Gunan.

Sabtu, 30 Juni lalu, 12 orang anggota klub sepak bola remaja Moo Pa atau juga dikenal dengan Wild Boars, melakukan penjelajahan ke gua-gua di Tham Luang, bersama pelatih mereka. Namun, akibat hujan deras yang membanjiri gua, penjelajahan pun berujung pada petaka. Mereka terperangkap di dalam gua dan dinyatakan hilang.

Sebelum akhirnya diselamatkan pada Selasa, 18 Juli 2018, mereka bertahan dengan berkumpul pada gundukan kering yang tidak terendam air. Setelah menyusun strategi, misi penyelamatan yang dimulai pada Minggu, 8 Juli 2018 berhasil menemukan empat orang anak. Keempat anak itu diselamatkan dengan cara diikat dan dibawa oleh penyelam.

Misi penyelamatan pun dilanjutkan pada keesokan harinya, Senin 9 Juli 2018 yang berhasil menyelamatkan empat orang anak lagi. Barulah pada Selasa, 10 Juli 2018, empat orang anak lainnya bersama sang pelatih berhasil diselamatkan. Dengan begitu operasi pencarian pun dinyatakan selesai. Kini seluruh korban yang telah selamat sedang menjalani perawatan di rumah sakit setempat.

---
Foto: Reuters & AFP Photo/Royal Thai Navy

thailand, gua, penyelamatan, rescue, tim sepakbola

Artikel Terkait

Comments