Tips Sukses Berbisnis Bawang Goreng

Tips Sukses Berbisnis Bawang Goreng

Selama berbisnis, Susi merasa tantangan terbesar justru  datang dari dirinya sendiri. Karenanya, ia harus terus bergerak agar usaha yang sudah dirintisnya juga ikut berkembang.

Tahun ini memasuki tahun kedua Susi membuka lapak di Bukalapak untuk berjualan bawang goreng Palu yang menjadi ciri khas kotanya. Sebagai salah satu pelapak sukses asal Palu, Susi mengakui, ada kalanya ia sudah merasa nyaman sehingga jalan di tempat. Padahal, sambungnya, jika semangat terjaga turut berpengaruh pada ramainya order-an di lapaknya yang ia beri nama Nirwana Food.

“Jadi, jangan sampai diam, harus semangat lagi, motivasi diri dan pikirkan mau buat apalagi,” jelas Susi yang senang membaca buku di waktu senggangnya.

Saat Susi diminta untuk memberikan tips sukses berbisnis

Oleh karena itu, Susi bergabung di komunitas-komunitas untuk menjaga semangatnya. Termasuk semangat untuk berbagai pada yang membutuhkan sesuai salah satu tujuannya berwirausaha. Karenanya ia aktif bergabung di Komunitas Tangan di Atas wilayah Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo sebagai bendahara wilayah. Susi yang juga memiliki usaha agen ekspedisi ini ditunjuk sebagai koordinator lapangan atau ranger Komunitas Bukalapak Palu bagi para om dan tante (sebutan untuk pelapak di Bukalapak-red). Ia bertugas menginisiasikan pertemuan-pertemuan atau kelas ngelapak untuk berbagi tips berwirausaha. Dorongan dari Komunitas Bukalapak juga dirasakannya turut berpengaruh untuk kemajuan usahanya.

Wanita berkacamata ini tak sungkan berbagi tips sukses berwirausaha, khususnya untuk para wanita yang ingin memulai usaha tapi masih ragu. Menurutnya, wanita memiliki kekuatan berbeda dibanding laki-laki, lebih kreatif, ulet, rajin apalagi jika langkahnya berwirausaha didukung lingkungan sekitar. Tak kalah penting, lanjutnya, jika ingin berwirausaha harus menyadari perkembangan zaman. Seperti saat ini pola berbelanja sudah berubah dengan banyaknya toko online dan marketplace, sistem lebih sederhana karena hampir setiap orang kini punya gadget. Di situlah menurut Susi kita harus mencari peluang.

“Niat dulu, mulai dari hal kecil, berani mencoba, jangan pantang menyerah, pasti bisa!” pungkasnya menyemangati. (AR)