Cantik

Selesaikan Masalah Kulit dengan Cica Cream

Beragam bahan unik dalam produk perawatan kulit mulai menjadi tren beberapa tahun ini. Salah satunya adalah Centella Asiatica, yang kemudian dikemas menjadi Cica Cream.

Centella Asiatica atau yang juga akrab dipanggil dengan sebutan Gotu Kola dan tiger grass adalah tanaman herbal berupa rumput-rumputan yang terkenal akan khasiatnya untuk pengobatan di berbagai negara Asia seperti Cina, Jepang, dan India. Nama tiger grass sendiri diambil dari kebiasaan macan yang menggosokkan bekas lukanya ke rumput centella asiatica setelah berkelahi.

Tumbuhan ini mengandung antioksidan, asam amino, beta-carotene, fatty acids, serta berbagai vitamin termasuk vitamin A, B1, B2 dan C. Di Indonesia, tanaman ini cukup dikenal. Orang Jawa menyebutnya antanan atau ganggagan, sedangkan orang Sunda menamakannya antanan gede, sedangkan dalam bahasa Indonesia disebut pegagan. Masyarakat secara tradisional memakainya untuk pengobatan dan dapat juga dikonsumsi dalam bentuk segar, diramu, dimasak, atau dijus.

Cica cream sendiri diambil dari huruf pertama dari kata pertama dan 3 huruf terakhir dari kata kedua Centella Asiatica. Selain itu, nama Cica juga disebut-sebut diambil dari bahasa latin untuk ‘luka’ yaitu ‘Cica’.

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui, seiring bertambahnya usia, lapisan pelindung kelembapan kulit pun akan ikut melemah. Alhasil, kulit akan semakin cepat kering, rentan akan kerutan, bahkan semakin kendur. Cica cream yang kaya akan antioksidan serta vitamin dapat membantu memperkuat lapisan pelindung kelembapan kulit. Cica cream juga memiliki segudang manfaat lainnya seperti melembapkan, melembutkan, menutrisi, mengencangkan, meremajakan, serta meningkatkan produksi kolagen. Wah, tak heran bahan ini banyak ditemukan dalam produk anti penuaan dini, ya.

Seorang dermatologis New York bernama Rhonda Q Klein, MD, mengatakan, “Mengingat sifat reparatif dan regeneratif dari centella, cica cream disebut ampuh untuk mengatasi jerawat, sensitif, penyembuhan luka, menyamarkan garis-garis halus, sunburning dan kulit kusam.”

Beberapa ulasan menyebutkan bahwa semenjak menggunakan cica cream, mereka sudah tidak perlu menggunakan terlalu banyak foundation lagi karena warna kulit perlahan tampak merata.

Karena centella asiatica adalah bahan yang kaya akan antioksidan dan memiliki sifat menenangkan serta reparatif, Klein menyarankan penggunaan cica cream di pagi hari atau dua kali sehari setelah tahap pembersihan wajah. Namun, perlu diingat bahwa beberapa cica cream mungkin mengandung retinol.

“Jika ada kandungan retinol, gunakan hanya saat malam hari mengingat retinol sensitif terhadap sinar matahari,” ujarnya. Jika Anda memiliki kulit rentan jerawat, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli kulit Anda. Pastikan pula cica cream yg digunakan tidak memiliki bahan penyumbat pori.(Chi)

---
Foto: Istimewa