Style Icon

Lenny Agustin: Peduli Dalam Sunyi

Lenny Agustin: Peduli Dalam Sunyi

Sosoknya dikenal sebagai seorang desainer muda multi talenta Indonesia yang rendah hati. Kepeduliannya terhadap berbagai masalah sosial selalu ditunjukkan dengan kesediaannya dalam aktivitas mengatasi masalah tersebut.

Perubahan dan perkembangan pemikiran pada hakekatnya merupakan suatu berkah bagi lingkungan sekitar. Pada industri tekstil misalnya, kita melihat semakin besar minat desainer dalam negeri untuk memajukan industri tekstil lokal dan berkembang ke kancah Internasional.

Langkah positif ini tengah dilakukan Lenny Agustin dengan membantu pengrajin amatir di berbagai pelosok Nusantara. Di antaranya yang berada di wilayah kabupaten Lebak, Banten, perkampungan suku Badui luar.

Lenny merasa prihatin menyaksikan kian hari pamor pengrajin tekstil lokal kian tergusur dan terpinggirkan. Kondisi ini turut diperparah dengan minat generasi milenial yang lupa dengan wastra mereka sendiri. Wujud dari keprihatinannya tersebut, Lenny rajin berpergian ke berbagai pelosok Nusantara, berburu dan mengumpulkan ragam kain tradisional. Ia juga memberikan pelatihan kepada para pengrajin lokal mengenai teknik pembuatan tekstil yang lebih modern dengan hasil yang tidak kalah menarik.
    
Melebur dengan alam dan masyarakat bersahaja menjadi rutinitas dan Lenny. Ia ikhlas melakukannya. Tinggal dalam suasana kampung yang sepi, jauh dari hingar bingar dunia fesyen dan kota besar menjadi “tembang kehidupan” buat dirinya.
    
“Pengrajin amatir merupakan pribadi yang cerdas. Minat dan partisipasi mereka terbilang tinggi. Mereka tekun dan selalu antusias mempelajari hal-hal baru tanpa terkendala rasa jenuh”,  ujar Lenny.

Selain mengajarkan teknik pembuatan tekstil, Lenny juga mengajarkan beragam motif baru yang akan memperkaya corak desain tekstil mereka. Ragam motif baru tersebut khusus diciptakannya melalui riset dengan mengambil inspirasi dari keberagaman akar budaya masyarakat setempat.

Lenny juga dikenal piawai memadukan wastra Nusantara menjadi produk fesyen multi cultural.  Sebagai seorang desainer, ia selalu saja merasa tertantang untuk menghasilkan karya-karya baru yang kreatif dan inovatif melalui 4 lini fesyennya, Lenny Agustin, Lenny Agustin Bridal, Lennor dan Waw.

Di balik penampilan funky dengan ciri khas rambut selalu bewarna cerah, ibu tiga anak ini ingin menularkan virus positif untuk kaum perempuan Nusantara. Di antaranya dengan menjadi seorang ibu rumah tangga yang juga mampu menghasilkan karya yang bermanfaat untuk orang banyak. Pencapaian terbesar bagi Lenny bukanlah popularitas sesaat, melainkan dapat menginspirasi orang lain dengan beragam karyanya.(BH)