Karier

5 Cara Mengatasi Kebosanan Saat Bekerja

5 Cara Mengatasi Kebosanan Saat Bekerja

Sebagai manusia biasa dengan kondisi emosional yang kerap naik turun, bagaimana cara mengatasi rasa bosan yang melanda saat bekerja, sedangkan Anda dituntut untuk terus produktif setiap saat?

Dalam masa tertentu, ada kalanya Anda sampai di titik jenuh pada pekerjaan yang dikarenakan oleh banyak sekali faktor. Hal ini memang wajar terjadi pada siapa saja. Namun bila saat itu datang, Anda harus mampu untuk menguasai diri dan mengatasi kebosanan yang merongrong perasaan.
Meski bukan perkara  mudah, Anda wajib berupaya untuk melawan perasaan bosan tersebut. Untuk itu, Wanita Indonesia menghadirkan beberapa langkah yang dapat digunakan mengatasi kebosanan saat bekerja.

1. Awal Yang Baik
Dalam kurun waktu tertentu saat Anda merasakan bosan dengan pekerjaan, Anda bisa mencoba memantik semangat Anda di pagi hari. Sebagai awal hari, maka sedapat mungkin Anda menciptakan mood yang bagus seperti mandi dengan air hangat, menikmati menu sarapan kesukaaan, mendengarkan lagu kesukaan selama perjalanan,  berinteraksi hangat dengan pasangan atau apapun hal yang mampu menciptakan suasana hati yang baik.

2. Cobalah Tersenyum
Ada baiknya ketika suasana hati sedang bosan, Anda bisa datang lebih awal ke kantor sehingga memiliki waktu leluasa untuk tersenyum, menyapa atau bahkan bersenda gurau dengan rekan kerja. Dengan tersenyum dan tertawa, Anda akan mendapatkan sedikit suntikan semangat untuk memulai pekerjaan hari itu.

3. Menantang Diri
Bila Anda mengalami kebosanan dengan pekerjaan Anda karena telah bekerja cukup lama dengan pekerjaan yang sama, maka Anda dapat menantang diri untuk mengerjakan hal lain. Silahkan untuk menyelesaikan pekerjaan utama Anda dengan segera dan setelah itu Anda bisa membantu pekerjaan teman yang lain. Atau Anda bisa meminta izin pada atasan untuk bekerja di luar kantor hari itu. Dengan bekerja di luar kantor, Anda mungkin bisa menyegarkan pikiran, atau bahkan dapat menemukan ide-ide baru.

4. Buat Motivasi
Untuk menghadapi kebosanan yang tengah menggerogi perasaan, Anda dapat melawannya dengan amunisi berupa motivasi. Pikirkan hal-hal yang akan Anda lakukan ke depan sehingga Anda harus terus bekerja demi mewujudkannya, misalnya saja dengan merencanakan liburan, memikirkan cicilan kebutuhan, memikirkan kado untuk ibu atau bahkan mengingat tabungan yang ingin Anda kumpulkan sebagai modal usaha di hari tua. Hal ini bisa Anda letakkan sebagai motivasi.

5. Buat Moodboard
Area kerja merupakan area yang banyak Anda diami selama bekerja. Untuk itu, area kerja harus didesain sedemikian rupa agar menjadi area favorit Anda. Membuat moodboard yang menggambarkan suasana hati atau hal-hal yang tengah Anda sukai bisa mengasah kreativitas sekaligus dapat menjadi elemen dekoratif di area kerja. (Cha)

---
Foto: Istimewa