Plus Minus Vertical Blind

Plus Minus Vertical Blind

Selain arsitektur bangunan dan desain interior yang mengalami banyak perkembangan yang melahirkan tren, penggunaan tirai sebagai penutup jendela juga ternyata memiliki tren tersendiri sesuai dengan konsep desain interior keseluruhan yang diusung.

Sebagian mungkin tak ambil pusing perkara pemilihan kirai penutup jendela dan mayoritas masyarakat masih menggunakan gorden kain sebagai penutup jendela. Namun, seiring dengan perkembangan desain interior rumah serta munculnya konsep hunian cerdas nan efisien, maka penggunaan gorden kain mulai tergantikan oleh kerai vertikal (vertical blind).

Kerai vertikal merupakan penutup jendela berjenis blind (kerai) yang tersusun secara vertikal. Dulu kerai vertikal hanya digunakan dibangunan seperti kantor-kantor, rumah sakit atau bangunan formal lainnya. Tetapi karena dinilai minimalis dan efisien, maka para pemilik hunian maupun para interior desainer banyak merekomendasikan penggunaan kerai vertikal pada jendela.

Jenis-jenis kerai vertikal cukup variatif, antara lain seperti dimout, blackout dan solar screen. Bahan-bahan ini memiliki tekstur, ketebalan serta karakteristik berbeda-beda yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Kerai vertikal dilengkapi dengan dua tali untuk mengoperasikannya, yaitu tali penarik dan tali gerendel. Tali penarik berfungsi untuk menarik kirai ke kanan dan kiri agar kerai terbuka tergeser sehingga jendela terbuka sepenuhnya, sedangkan tali gerendel adalah tali yang berfungsi untuk mengatur katup kerai.

Apa keunggulannya?

  1. Lebih mudah dibersihkan
  2. Terlihat lebih modern dan minimalis sehingga memberi nilai estetis lebih pada ruangan
  3. Mampu mengakomodir kebutuhan pemilik hunian karena bukaan dapat disesuaikan
  4. Pemasangan mudah
  5. Harga terjangkau
  6. Memiliki banyak pilihan warna dan bahan yang dapat disesuaikan

Tapi Juga Ada Kekurangannya

  1. Sulit dibongkar pasang
  2. Meski banyak pilihan, namun tidak sebanyak pilihan gorden. (Cha)

---
Foto: Istimewa

 

graha, tirai, kerai, vertical

Artikel Terkait

Comments