Style Icon

Clerence Victoria: Passion Saya Ingin Membuat Wanita Lain KAYA!

Clerence Victoria: Passion Saya Ingin Membuat Wanita Lain KAYA!

Semua wanita pasti setuju, riasan dapat menutupi kekurangan wajah dan membuat tampilan menjadi lebih cantik. Hal ini yang dirasakan seorang make up artist bernama Clerence Victoria. Awalnya ingin menutupi tanda lahir di wajahnya, siapa sangka ketertarikannya pada make up tersebut kini malah menjadi sumber penghasilannya.

Kenapa tertarik pada make up?
Saya punya tanda lahir di wajah yang ukurannya besar dan sempat tidak percaya diri karenanya. Karena bermaksud ingin mengakali hal tersebut, saya pun mulai mendalami seluk beluk rias wajah. Eh siapa sangka malah kemudian jadi rejeki dan bisnis saya. Padahal dulunya, saya sempat berpikir mau jadi ibu rumah tangga, loh! Hahaha.

Darimana belajar teknik riasan?
Kebanyakan sih dari kelas privat yang saya ikuti. Mengapa privat? Lebih karena saya ingin lebih dekat dengan sang pengajar. Jadi inginnya saya tak hanya mendapatkan ilmunya, tapi juga passion-nya.

Titik balik dalam karier sebagai make up artist?
Percaya tidak? Yang pertama kali membuat kelas make up keliling itu saya. Delapan tahun lalu lah, dibantu oleh e-commerce. Waktu itu baru label kosmetik saja yang melakukan itu. Ternyata setelah saya jajal malah pendapatannya lebih tinggi saya. Waktu itu, laku 300 tiket pada kelas 'Merias Diri Sendiri'. Mungkin karena orang-orang suka hal baru, ya, karena saat itu make up belum terlalu tenar seperti sekarang.

Kenapa sih senang berbagi ilmu?
Passion saya adalah membuat wanita lain kaya. Saya ingin wanita bertindak sebagai penolong yang seimbang dengan suami, bisa menghasilkan dan membantu pergerakan ekonomi keluarganya. Make up juga bisa menjadi sumber penghasilan.

Gaya riasan Clerence?
Sebenarnya lebih ke natural. Tapi karena sering menangani riasan pernikahan jadinya fokus di eye make up, tapi kompleksi wajah tetap natural dan flawless. I’m not a fan of contouring.

Kasih trik dong kalau kita memakai bulu mata palsu...
Kalau mau membuat efek mata lebih bulat dan besar, pakai bulu mata yang panjangnya berbeda-beda. Sebagai contoh saya menerapkan bulu yang pendek terlebih dulu, lalu panjang dan diujungnya pendek. Jika bentuk mata terlihat turun, akali dengan ukuran bulu mata pendek di bagian dalam dan panjang di akhir. Kalau mau tumpuk bulu mata, lebih baik dilakukan sebelum dipasang ke mata. Jadi tempel terlebih dulu dengan lem.

Bagaimana sih cara menggunakan eyeliner?
Untuk pemula, saya sarankan menggunakan eyeliner jenis pensil atau liquid pen. Saya selalu menyarankan penggunaan eyeliner pensil di bagian dalam kelopak mata, agar tidak terlihat kosong. Jangan memakai yang liquid karena dapat berisiko masuk ke dalam mata. Alangkah lebih baik menggaris eyeliner tidak menutupi lipatan mata agar terlihat lebih natural.

Pembersihan maksimal ala Clerence?
Lebih baik membersihkan seluruh wajah pakai cleansing oil, jangan hanya di area mata saja. Kemudian lanjutkan dengan toner, dan terakhir bilas dengan facial foam dan usap dengan micellar water. Itu benar-benar bersih! Keriput memang proses alami, tapi tanda itu dapat terlihat karena kulit kekurangan kadar air. Salah satu cara mencegahnya adalah dengan tahap pembersihan yang maksimal juga.

Saran produk skincare?
Kalau ingin memperbaiki tekstur wajah, gunakan serum. Kalau yang sensitif, saya menyarankan untuk memakai aloe vera soothing gel. Kalau kering sekali, harus pakai moisturizer tanpa kandungan SPF, karena kalau ditumpuk warna wajahnya bisa berubah jadi abu-abu atau blue-ish.(Chi)

--
Foto: Dok. Pribadi