Wisata Budaya Dubai

Wisata Budaya Dubai

Meskipun Dubai terkenal dengan hal-hal yang memesona dan mewah, sebenarnya ada banyak budaya di dalamnya yang dapat dinikmati untuk dijadikan pengalaman bersama seluruh keluarga. Ingin tahu apa saja? Yuk, simak artikel berikut!

Sheikh Mohammed Centre for Cultural Understanding (SMCCU) bisa menjadi tempat persinggahan pertama yang tepat untuk mengetahui banyak hal tentang budaya negara-negara Uni Emirat Arab. Dengan slogan ‘Open Doors, Open Minds’, seluruh pertanyaan akan diterima dan dijawab, tak peduli sesensitif apapun pertanyaannya. Sejak dibuka pada tahun 1998, SMCCU telah membantu para pengunjung untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai kehidupan di emirat.

Mengawali perjalanan budaya Anda di Dubai, ikuti saja tur bersama seorang Emirati mengunjungi Mesjid Diwan dan wilayah bersejarah Al Fahidi. Al Fahidi merupakan salah satu kawasan tradisional tertua di Dubai. Tur ini akan diakhiri dengan diskusi terbuka dimana Anda akan disuguhkan satu secangkir kopi Arab dan kurma. Tur yang tersedia untuk minimal 10 orang dalam satu grup ini bisa Anda ikuti pada hari Sabtu mulai pukul 9 pagi, atau pada hari Minggu, Selasa dan Kamis mulai pukul 10.30 pagi.

Anda akan diajak naik abra, perahu tradisional yang terbuat dari kayu, untuk menyeberangi Dubai Creek, mengunjungi pasar emas tradisional, pasar rempah-rempah dan pasar kain tradisional. Tidak ketinggalan juga mengunjungi mesjid di sekitarnya.

Menikmati Kuliner Khas Dubai

Unta merupakan hewan yang memegang peranan penting di sejarah Emirat. Fungsinya mulai dari sebagai alat transportasi, hingga busana dan tentunya penyedia bahan pangan. Pada acara spesial seperti pesta pernikahan, unta menjadi sajian khas.

Namun tidak ada salahnya, Anda juga mencoba hidangan istimewa ini. Mulai dari bakso unta (Camel Koftah) yang terdapat di Local House, Al Fahidi Historical Neighborhood. Resto ini telah lama menyajikan santapan otentik khas Arab. Beberapa pilihan santapan lain adalah sup, burger, steak, kebal dan biryani di mana Anda bisa memilih daging yang ingin disantap, mulai dari yang tidak biasa dikonsumsi seperti unta, zebra dan rusa, hingga daging yang umum dikonsumsi seperti sapi, ayam, dan domba.

Bicara tentang burger, Anda harus mencoba makanan cepat saji ini di Switch, Dubai Mall. Tidak perlu takut terlalu banyak kalori, karena dengan mengganti daging sapi dengan daging unta, burger di Switch ini diklaim rendah kalori. Rasanya pun mirip dengan daging domba yang lezat.

Satu lagi yang harus Anda coba ketika berada di Dubai. Susu unta! Susu ini mengandung sangat banyak vitamin yang dapat mengurangi risiko kanker usus besar. Citarasanya cukup kuat.

Dekat Dengan Hewan

Di jaman yang sudah modern ini, Anda masih bisa menemukan tradisi Dubai jaman dahulu, yakni Balapan Unta. Anda dapat menemukan tradisi ini antara bulan Oktober hingga April setiap Jumat dan Sabtu pagi. Lokasinya bisa di beberapa lapangan perlombaan unta, tapi Al Marmoon Racetrack di Jalan Al Ain yang merupakan salah satu yang terbesar di kota.

Masih kurang? Anda juga bisa berkunjung ke Dubai’s Falcon and Heritage Sports Centre di Nad Al Sheba. Tempat ini merupakan tempat yang tepat dikunjungi untuk semua hal yang berhubungan dengan falconry di Dubai. Di sana Anda bisa menemukan banyak aktivitas yang berkaitan dengan Elang. Termasuk di dalamnya adalah berburu hingga museum yang menampilkan warisan elang Arab kuno. (NN)

--
Foto: Dubai Tourism

 

wisata, dubai, budaya

Artikel Terkait

Comments