Hunian Indah di Lahan 72M2

Hunian Indah di Lahan 72M2

Mendapat banyak inspirasi dari sosial media perihal mendekorasi, sang pemilik berhasil menghadirkan hunian mungil yang asri yang membuat betah berlama-lama di dalamnya. Bangunan seluas 72 m2 sukses menjelma menjadi istana kecil yang nyaman.
    
Siapa bilang rumah mungil dengan lahan terbatas tidak bisa tampil cantik? Anda dapat menyiasatinya sedemikian rupa agar hunian tetap tampak menarik dan membuat anggota keluarga nyaman beraktivitas di rumah. Inspirasi menata rumah kecil bisa Anda lirik dari hunian milik keluarga Nena Febrina yang berada di kawasan Tangerang Selatan.

Memaksimalkan celah-celah sempit, penggunaan furnitur yang sesuai serta penggunaan warna-warna netral memang menjadi salah satu identitas utama dari desain scandinavian yang dipilih oleh pemilik. Desain ini dipilih memang bukan tanpa alasan, karena gaya ini sukses menjadikan rumahnya terlihat menawan.
    
Meski gaya scandinavian telah banyak dipilih masyarakat Indonesia, sentuhan warna lain atau aksen berbeda yang dipadukan bersama gaya scandinavian akan membuat rumah Anda tampil autentik. Berikut Wanita Indonesia berbagi inspirasi dalam mendekorasi rumah mungil.

RUANG TAMU
Memasuki rumah, Anda akan langsung mendapati ruang tamu bernuansa ceria. Hadirnya sofa berwarna kuning lengkap dengan kursi kayu warisan sang ayah yang juga berwarna kuning menjadi focal point di ruang ini. Peletakkan karpet warna-warni bermotif heksagon kian menguatkan kesan cerah.

Trik: Hindari sofa berukuran terlalu besar yang akan menghabiskan ruang. Anda juga wajib menyortir elemen dekoratif yang ingin dimunculkan agar tidak terjadi penumpukan yang membuat ruang tamu semakin terlihat sempit. Pencahayaan menggunakan pendant light dapat memunculkan kesan modern dan simpel.

RUANG KELUARGA
Bergerak ke arah dalam, terdapat ruang keluarga yang hanya memaksimalkan sudut ruangan. Di area tersebut, terdapat sofa berwarna abu-abu tua dengan cushion berwarna hijau muda yang chic. Biasanya anggota keluarga menikmati waktu bersantai sambil menyaksikan televisi yang juga diletakkan di sana.

Trik: Untuk menciptakan ambience hangat saat berkumpul, Anda bisa menggunakan penerangan tambahan berwarna kuning. Pengaplikasian karpet di ruang ini juga dirasa dapat membantu keterbatasan tempat duduk karena sofa yang relatif tidak besar. Buatlah ruang keluarga senyaman mungkin dan sesuai dengan kebiasaan keluarga.

RUANG MAKAN
Berada satu garis dengan ruang keluarga, sebenarnya tak ada ruangan khusus yang diperuntukkan untuk bersantap makan. Penggunaan meja makan berukuran kecil terasa sangat minimalis dan fungsional. Sebuah kaca besar yang dipotong menjadi kotak-kotak kecil sukses memberi sentuhan estetis pada ruangan.

Trik: Pilihlah meja makan berukuran kecil dengan warna terang seperti putih dengan kaki-kaki ramping. Penggunaan pendant light dengan tone senada dapat memperindah tampilan ruang makan Anda. Konsep open space pada area makan bisa diaplikasikan pada hunian kecil.

PLAYGROUND
Meski di atas lahan terbatas sang pemilik rumah tetap mampu menghadirkan sebuah playground untuk kedua anaknya bermain. Sebidang tanah di sudut belakang rumah diubah menjadi tempat bermain beralaskan rumput sintetis. Area ini juga memiliki langit-langit tinggi sehingga menjadikannya semi outdoor yang turut memasok sinar matahari ke dalam rumah.

Trik: Anda juga bisa menerapkan ide ini untuk mengakomodir kebutuhan bermain anak. Pemakaian rumput sintetis membuat sang anak akan merasa bermain seolah-seolah di luar rumah padahal tidak. Selain itu, pastikan area ini dilengkapi dengan atap penutup, agar terhindar dari air hujan.

RUANG TIDUR
Kamar tidur utama nampak sangat minimalis dengan sebuah ranjang berwarna putih yang dilengkapi dengan ruang penyimpanan ekstra di bagian bawahnya. Lantai parket menjadi pilihan untuk menghidupkan suasana hangat. Jendela yang tinggi mampu memberikan kesan dramatis sekaligus menjadi sumber pencahayaan utama di siang hari.

Trik: Gunakan open storage sebagai media penyimpanan untuk menghindari penggunaan lemari pakaian yang terlalu besar. Rak-rak multi fungsi akan sangat cocok difungsikan sesuai dengan kebutuhan. Untuk menghindari kesan monoton pada ruangan bergaya scandinavian, seprai bermotif dapat menjadi aksen pada ruangan.(Cha)

--
Foto: Zulham

graha, rumah mungil, lahan terbatas, scandinavia

Artikel Terkait

Comments