Latih Anak Berbicara di Depan Umum

Latih Anak Berbicara di Depan Umum

Anak yang gugup tampil di depan umum adalah hal yang seringkali ditemukan. Sebagai orang tua, tantangan Anda adalah melatih keberanian si kecil, sehingga ia tampil lebih percaya diri dan mudah bergaul dengan orang lain.

Tidak jarang kita melihat ketika anak sedang berbicara di depan kelas, ia merasa gugup bahkan membenci kegiatan bicara di depan umum. Jika dibiarkan, ini akan menjadi karakternya yang selalu merasa takut karena tidak bisa berbicara di depan umum dan emosionalnya pun tak berkembang. Tak hanya anak-anak, bahkan orang dewasa pun masih banyak yang mengalaminya.

Berikut adalah tips bagaimana melatih anak berbicara depan umum.

AJARKAN ANAK UNTUK MENGENDALIKAN EMOSI
Sebelum mulai berbicara di depan umum, ajari anak untuk mengatur emosinya. Beritahu si kecil bahwa wajar ketika ia merasa takut, cemas, kemudian gugup. Latih ia untuk mengontrol perasaan tersebut. Misalnya dengan menarik napas, lalu buang perlahan. Jika anak mempunyai ketakutan berlebih pada audiens, beri ia pemahaman kalau mereka tidak jahat. Katakan padanya bahwa para penonton menanti penampilannya, sehingga harus menampilkan sebaik mungkin. Dengan begitu anak akan merasa semangat dan kecemasannya berkurang.

MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI ANAK
Salah satu kunci supaya dapat berbicara di depan umum adalah kepercayaan diri. Dukung dan beri keyakinan bahwa ia pasti bisa melakukannya. Perbaiki kesalahannya dengan cara menuntun dan tunjukkan bagaimana seharusnya. Jika Anda justru menyalahkan atau menghakimi, maka ia akan beranggapan orang lain pun akan bersikap sama dengan Anda ketika ia melakukan kesalahan diatas panggung. Yakinkan pada dirinya jika penampilannya nanti bagus seperti yang Anda ajarkan maka Anda dan orang lain akan senang pada dirinya.

BERI ANAK WAKTU UNTUK MENYIAPKAN SEMUANYA
Menyiapkan segala sesuatunya sebelum akan tampil di depan umum, akan membantu kesiapan anak. Latih ia teknik dasar untuk berbicara depan umum seperti; apa saja yang harus dikatakan, bagaimana cara mengatakannya, bagaimana bahasa tubuhnya, bagaimana harusnya ekspresi yang ditampilkan, dan masih banyak lagi. Bila perlu beri waktu untuk mempraktekkannya.
Untuk melatih mental anak ketika dia akan membuat penampilan anda usahakan agar anak anda menguasai materi tentang apa yang akan di tampilkan. Ajari mereka dengan cara praktek tentang materi itu. Buatlah latihan dengan menganggap bahwa dirinya sedang berada di panggung atau tempat di mana ia akan tampil. Jika perlu panggil anak-anak lainnya untuk melihatnya sebagai latihan. Beri ia pujian di depan teman-temannya.

MEMBERI MASUKAN PADA PENAMPILANNYA
Sewaktu menilai penampilannya jangan memberi kesan negative—walaupun misalnya penampilannya belum sempurna. Gunakanlah bahasa yang memberi ia semangat. Contoh, “kamu sudah baik, coba yang bagian ini ditingkatkan lagi”. Hindari perkataan yang menjelekkan penampilannya.
Jika harus memberikan kritik, maka lakukanlah dengan bahasa yang halus dan tidak membentak, tambahkan sedikit lelucon. Lelucon biasanya akan mencairkan suasana dan membuat suasana hati anak menjadi gembira juga tak canggung. Ini juga efektif menghilangkan rasa takut anak anda walaupun hanya sebentar, dengan kata lain mengalihkan suasana hati sebentar ke kondisi santai.

BERLATIH, BERLATIH DAN BERLATIH
Latihlah anak untuk bersuara bebas atau lepas. Jangan di tahan saat ia berbicara atau bergerak. Berikan semangat dengan mengatakan lebih baik salah dari pada tidak mau tampil seperti orang lain. Jika hasilnya belum maksimal, katakana padanya bahwa tidak apa-apa untuk melakukan kesalahan. Berlatihlah terus tiada henti, hingga ia terbiasa.(Chi)

----
Foto: Istimewa

ibu anak, public speaking, berbicara, latih anak

Artikel Terkait

Comments