Bolehkah Si Kecil Bermain di Luar?

Bolehkah Si Kecil Bermain di Luar?

Melihat si kecil tumbuh besar dan memiliki segudang ketertarikan pada dunia luar, selalu membuat orang tua kerap berkata ‘jangan’, setiap kali anak ingin bermain di luar. Seolah ada banyak bahaya dan hal buruk yang bisa terjadi pada buah hati, di luar pengawasan Anda. Khawatir boleh saja, asal jangan berlebihan. Sebab cukup banyak manfaat bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil, ketika Anda membiarkannya bereksplorasi di luar rumah.

Melatih Kreativitas dan Kemandirian
Penelitian menyebutkan, bahwa permainan tidak terstruktur seperti bermain apa saja di alam, dapat merangsang kreativitas dan daya imajinasi anak. Seperti misalnya ketika si kecil bermain di halaman rumah, lalu ia melihat benda-benda seperti kayu dan bebatuan, mereka akan berpikir, berimajinasi tentang bagaimana menggunakan benda-benda itu untuk bermain. Hal ini akan membuatnya terlatih untuk berpikir secara kreatif dan imajinatif.
Selain itu, bermain di luar membuat anak terlatih kemandiriannya. Mereka akan belajar untuk berusaha sendiri dahulu, tanpa merengek meminta bantuan pada orang tua. Pun ketika ada suatu masalah, ia akan belajar untuk menyelesaikannya sendiri.

Meningkatkan Kemampuan Sosial dan Komunikasi
Membiarkan anak bermain di luar, apalagi bersama teman-teman sebayanya, dapat membuat kemampuan sosialnya berkembang. Ia akan belajar bagaimana bekerjasama dengan teman-temannya dalam melakukan sesuatu, serta belajar untuk bisa menghargai orang lain. Kemampuan sosial yang terbentuk itu kelak akan menjadi bekal baginya ketika memasuki dunia sekolah atau pun lingkungan kerja.    
Dengan bermain di luar bersama teman-temannya, si kecil juga memiliki kesempatan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa, dibanding mereka yang terlalu sering di rumah saja. Mengajak anak bertemu dengan banyak orang di luar rumah dapat menjadi terapi paling mudah, bagi si kecil yang mengalami keterlambatan berbicara. Dengan bertemu banyak orang, ia akan terlatih untuk mengutarakan pendapatnya.

Tumbuh Menjadi Pribadi yang Kuat
Berdasarkan hasil penelitian sejumlah ahli di University of Minnesota, anak-anak yang sering bermain di luar rumah terbukti memiliki tubuh yang lebih sehat, kreatif, suka berpetualang dan mempunyai hasrat untuk mengeksplorasi kondisi lingkungan sekitarnya. Oleh karena itu, mereka pun akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan berani.

Selalu Ceria dan Bersemangat
Paparan sinar matahari yang diterima si kecil ketika bermain di luar, dapat mengaktifkan kelenjar pineal yang merangsang produksi serotonin di otak. Serotonin adalah sejenis neurotransmitter yang berfungsi untuk meningkatkan suasana hati dan energi seseorang. Itulah mengapa saat anak-anak dibiasakan bermain aktif di luar, mereka akan tumbuh menjadi anak yang ceria, selalu bergembira, bersemangat dan tidak mudah stres.
Anda yang mungkin memiliki anak yang sering tantrum, rewel dan mudah mengamuk, bisa coba ajak mereka untuk bermain di luar ruangan. Sebab menurut penelitian, aktifitas di luar ruangan juga dapat menurunkan hormon kortisol atau hormon stress. (Nyd)

---
Foto: Istimewa

ibu anak, bermain, di luar

Artikel Terkait

Comments