Kulit Cantik Berkat Rempah Nusantara

Kulit Cantik Berkat Rempah Nusantara

Kekayaan alam Indonesia seolah tak berbatas dengan berlimpahnya sumber alam. Selain digunakan untuk makanan dan obat-obatan, rempah Indonesia juga digunakan untuk memijat dan skin scrubbing atau luluran. Sebut saja kunyit, kayu manis, sereh, pinang dan masih banyak lagi. Yuk kita kenali lebih lanjut khasiat 3 rempah-rempah andalan Tanah Air ini.

Kunyit
Selain untuk bumbu masak, ternyata kunyit menyimpan banyak khasiat untuk kecantikan kulit, baik kulit wajah maupun tubuh. Senyawa kunyit yang disebut curcumin diyakini memiliki khasiat tinggi bagi kesehatan kulit.  Kunyit bisa membantu mengurangi stretch mark pada kulit, menghaluskan kulit kering dan pecah-pecah hingga merontokkan sel kulit mati. Coba saja resep berikut, parut kunyit hingga halus lalu campurkan dengan plain yoghurt. Balurkan pada bagian stretch mark, diamkan sejenak lalu bilas hingga bersih.

Pinang
Manfaat pinang ternyata sangat banyak, untuk kesehatan dan juga kecantikan. Pinang muda dapat mencegah jerawat muncul di kulit wajah. Caranya juga cukup mudah. Parut pinang muda hingga halus lalu aplikasikan pada jerawat. Selain itu, pinang juga dapat mengangkat sel kulit mati. Caranya, parut pinang muda dan campurkan sedikit air dan aduk hingga halus. Balurkan pada kulit wajah dan tunggu sekitar 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

Kayu Manis
Rempah yang satu ini kaya akan antioksidan, beragam mineral dan vitamin sehingga dapat membantu proses regenerasi kulit. Karenanya, kayumanis kerap digunakan untuk melawan penuaan dini. Campurkan bubuk kayu manis dengan 2 sendok makan minyak zaitun lalu oleskan  pada garis halus di wajah. Rempah ini bisa juga digunakan sebagai essential oil untuk memijat tubuh. Aromanya membuat tubuh menjadi lebih rileks dan kulit menjadi lebih lembut. (KR)

--
Foto: Istimewa

cantik, spices, rempah

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments