Fakta Di Balik Kecilnya Chia Seeds

Fakta  Di Balik Kecilnya Chia Seeds

Chia seed atau biji chia merupakan jenis biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Salvia hispanica L. yang banyak tumbuh di Meksiko dan Amerika Selatan. Namun chia seed sudah banyak tersedia di Indonesia dan menjadi salah satu makanan organik favorit. Jangan pandang remeh bentuknya yang mungil karena salah satu super food ini menyimpan banyak fakta yang belum banyak diketahui.

PERBEDAAN CHIA SEED & BIJI SELASIH
Meski sama-sama termasuk dalam jenis biji-bijian, chia seed dan biji selasih berasal dari tanaman yang berbeda. Biji chia berasal dari jenis tanaman mint bernama Salvia hispanica dan berbentuk oval serta memiliki warna bervariasi, yakni hitam, abu-abu, coklat dan putih.
Sedangkan selasih memiliki nama ilmiah Ocimum basilicum dan banyak tumbuh di India dan sekitar Mediterania. Biji selasih memiliki ukuran jauh lebih kecil dibanding biji chia dan berbentuk seperti biji beras.

KANDUNGAN OMEGA-3
Bagi beberapa orang yang memiliki alergi terhadap makanan seafood tidak perlu khawatir akan kekurangan asam lemak omega-3. Mengkonsumsi chia seed dapat menggantikan omega-3 yang terdapat pada seafood, bahkan kandungan omega-3 pada chia seed lebih tinggi dari yang terkandung pada ikan salmon. Asam lemak omega-3 berguna untuk menjaga kekebalan tubuh serta mengendalikan peradangan.

MOOD BOOSTER
Bagi yang sedang diet, Anda akan rentan mengalami kenaikan hormon kortisol atau hormon stres. Jadi jangan heran kalau Anda mendadak moody atau gampang senewen ketika sedang berdiet. Jangan tergoda untuk menghilangkan stres dengan makanan manis. Untuk mencegah lonjakan kortisol, atur pola makan dengan cara yang benar seperti mengonsumsi buah-buahan, chia seed, yogurt atau susu. Mengkonsumsi chia seed dapat membuat lambung cepat merasa kenyang, mengontrol nafsu makan dan membangkitkan hormon serotonin agar menghilangkan stres dan juga depresi.

CHIA SEED UNTUK KECANTIKAN
Biji-bijian ini memiliki sifat antibakteri serta dapat membantu mencegah timbulnya jerawat. Racikan chia seed untuk menangani masalah jerawat pun cukup mudah dan bisa Anda buat di rumah. Ambil beberapa sendok teh chia seed dan campurkan dengan yogurt ke dalam blender, lalu haluskan. Anda dapat menggunakan bahan alami ini sebagai masker sebanyak dua kali sehari untuk menyingkirkan jerawat dan sel kulit mati. Biji chia juga mampu membuat kulit wajah tetap lembap, kulit menjadi cerah dan mencegah tanda-tanda penuaan dini.

DIABETIC FRIENDLY
Ternyata chia seed juga baik bagi penderita diabetes. Sejumlah penelitian mengungkapkan bahwa secara rutin mengonsumsi biji-bijian ini dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2. Kandungan gizi dalam chia seed diduga dapat membantu menjaga kestabilan gula darah. (JN)

---
Foto: Istimewa

catatan dapur, kicthen note, chia seeds

Artikel Terkait

Comments