Menjaga Kesehatan Mental si Kecil

Menjaga Kesehatan Mental si Kecil

Bukan hanya kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental anak pun tak kalah penting. Hal apa saja yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak?

Secara umum, kesehatan mental anak dapat dibantu oleh pengasuhan dan pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang yang tepat. Misalnya, memberikan kasih sayang yang aman dan sehat sebagai dasar untuk perkembangan anak, memberi ruang atau kesempatan berkomunikasi dengan anak dan membatu anak menemukan cara yang cocok untuk mengekspresikan dirinya. Selain itu, penting untuk membimbing anak usia 6-7 tahun belajar konsep berhitung dan membaca serta memberikan kebutuhan primer kepada anak.

Seperti dijelaskan psikolog anak Gisella Tani Pratiwi, M.Psi, untuk mulai menerapkan hal-hal tersebut ke anak bisa dimulai sejak usia bayi atau bahkan sejak anak masih dalam kandungan dengan menjaga kesehatan kehamilan serta kesehatan dan kestabilan kondisi psikologis ibu.

Banyak cara yang bisa dilakukan orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak, misalnya dengan mendorong anak menjadi mandiri sesuai kemampuan usianya  dan memberi kesempatan anak mengembangkan dirinya. Orang tua juga bisa memberikan stimulasi perkembangan yang sesuai dengan tugas perkembangan usia anak.
    
“Berikan juga lingkungan yang aman dan nyaman untuk berksplorasi dan berikan peraturan yang konsisten serta spesifik,” lanjut psikolog anak dari Yayasan Pulih dan Pulih at the Peak Jakarta ini
    
Ditambahkan psikolog yang biasa disapa Ella ini, penting untuk menciptakan hubungan hangat secara emosional antara anak dan orang tua, misalnya dengan menyempatkan mengobrol dengan anak setiap hari atau mendengarkan keluh kesahnya, dan sebagainya.

Perhatikan Sistem Pengasuhan

Jika kesehatan mental anak sudah dijaga sejak dini, tentu bisa berdampak baik untuk perkembangan dan pertumbuhannya hingga dewasa. Tapi, ada juga yang harus diingat orang tua agar menghindari hal-hal yang bisa mempengaruhi kesehatan mental anak.
 
Selain hal-hal yang perlu dilakukan, ada pula hal yang harus dihindari orang tua untuk menjaga kesehatan mental anak. Misalnya, tidak menggunakan sistem pengasuhan dengan unsur kekerasan seperti kekerasan fisik, psikis, seksual dan penelantaran yang bisa berdampak buruk untuk kesehatan mental anak. Pengasuhan yang diberikan juga harus dengan peraturan yang jelas dan konsisten serta memperhatikan hak serta kebutuhan anak.

Hindari pula menekan anak dengan tuntutan yang tidak sesuai dengan kemampuan serta minat anak. Pasalnya, ada beberapa orang tua yang kadang memberi tuntutan tertentu ke anak tapi tidak memperhatikan kemampuan serta minat anaknya.
 
“Hindari juga melakukan pengasuhan yang selalu menghindarkan anak dari kesulitan atau tantangan hidup, maksudnya sedikit-sedikit diberi pertolongan sehingga anak kurang belajar berusaha ulet dan tidak menghargai proses,” jelas Ella. (AR)

---
Foto: Istimewa

ibu anak, kesehatan, mental

Artikel Terkait

Comments