Yuki Kato Peduli Pendidikan Indonesia

Yuki Kato Peduli Pendidikan Indonesia

Yuki merasa bersyukur memiliki waktu untuk mengenyam pendidikan dan dapat berkecimpung di dunia entertainment yang telah membesarkan namanya. Yuki tak bisa membayangkan nasib anak-anak di luar sana yang belum tentu bisa merasakan dunia pendidikan beserta fasilitasnya yang lengkap. Terutama di daerah-derah terpencil seperti di luar Jawa.

"Terakhir syuting di Ambon saya biasa tanya-tanya bagaimana kondisi sekolah di sana yang ternyata sangat jauh ketimpangannya dibandingkan dengan Jawa," kata Yuki.

Menurut Yuki yang menjadi masalah dalam pendidikan di Indonesia adalah soal pemerataan pendidikan. Baik itu dalam hal fasilitas maupun tenaga pengajar, serta budayanya yang sangat berbeda dengan Jawa. Alhasil, menurut Yuki pemerintah tak bisa menyamaratakan standar pendidikan di Indonesia. Misalnya standar pendidikan di Jawa dijadikan tolak ukur pendidikan di sana.

Yuki  berpendapat di Jawa, siswa yang telah menginjak kelas II SD bisa bahasa Inggris, sedangkan siswa kelas II SD di luar Jawa masih belajar cara mengeja huruf.
"Ketimpangannya besar sekali," imbuhnya.

Lebih lanjut Yuki menyatakan bahwa yang harus menjadi prioritas sekarang adalah mencari cara agar pendidikan bisa seimbang. Keseimbangan dalam hal ini adalah ketika siswa di luar Jawa bisa merasakan pendidikan yang layak seperti di Jawa.

Aktris yang juga sangat perhatian dengan dunia pendidikan ini memberikan contoh wujud kepedulian yang bisa dilakukan.

"Kita bisa melakukan donasi. Misalnya donasi fasilitasnya dulu. Lalu nanti bisa menjadi volunteer juga," pungkasnya. (DN)

---
Foto: IG @yukikt

selebritis, yuki kato, pendidikan

Artikel Terkait

Comments