Pilihan Olahraga Saat Berlibur

Pilihan Olahraga Saat Berlibur

Waktunya berlibur menjadi momen yang kita nantikan setelah disibukkan dengan berbagai aktivitas. Sudah terbayang pula berbagai tempat atau kegiatan-kegiatan seru yang akan  dilakukan. Meski begitu, jangan sampai kita turut ‘meliburkan’ diri dari aktivitas olahraga yang mungkin selama ini rutin kita lakukan.
    
Saat liburan, biasanya kita membebaskan diri dari berbagai hal yang tidak selalu bisa kita lakukan seperti bangun siang, mencoba berbagai makanan dan bepergian ke berbagai tempat dan kegiatan lainnya. Tak ada salahnya memang, tapi jangan sampai j setelah berlibur kita semakin kelelahan atau berat badan naik. Apalagi para ahli juga menyarankan untuk rutin berolahraga minimal 30 menit, lima kali dalam seminggu untuk menjaga kesehatan kita.  
    
Ternyata, saat berlibur atau bepergian ke suatu tempat pun kita tetap bisa melakukan olahraga ringan. Ada beberapa olahraga yang tidak memerlukan alat bantu yang mungkin bisa kita gunakan. Berbagai olahraga berikut ini bisa menjadi pilihan untuk dilakukan saat kita sedang berlibur.

Berjalan
Jika tujuan tempat wisata jaraknya tidak terlalu jauh dari tempat kita menginap, berjalan kaki bisa menjadi pilihan olahraga ringan yang bisa kita lakukan. Apalagi jika perjalanan dilakukan pada pagi hari, tentu terasa lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk memakai krim tabir surya atau kacamata untuk melindungi kult kita dari terik matahari jika berjalan dilakukan pada siang hari.
Saat masih di kendaraan seperti pesawat atau kereta api pun kita bisa berjalan menyusuri lorong gerbong atau kabin pesawat untuk meregangkan kaki setelah duduk lama.
 
Berlari
Sisakan sedikit ruang di koper atau tas ransel Anda untuk sepatu lari yang biasa Anda gunakan. Bagi Anda yang terbiasa olahraga lari, tentu terasa ada yang kurang jika melewatkannya. Saat sedang bepergian. Anda tetap bisa melakukan olahraga ini di pagi hari. Apalagi olahraga ini tergolong mudah dilakukan di mana saja, termasuk di pantai.

Berenang
Manfaatkan fasiltas kolam renang yang ada di tempat penginapan Anda untuk tetap menjaga kebugaran. Karenanya, jangan lupa bawa serta pakaian renang di antara barang bawaan Anda yang lain.  Selain itu, memang banyak hotel yang menyediakan fasilitas tempat berolahraga dengan berbagai perlengkapannya. Anda hanya perlu bangun lebih pagi untuk melakukan hal ini.

Mudah Tanpa Alat
Jika ketiga pilihan olahraga di atas masih sulit juga untuk dilakukan, mungkin Anda bisa melakukan pilihan olahraga tanpa menggunakan bantuan alat. Misalnya seperti push up, sit up, plank, lunges, squat atau jumping jacks. Pilih yang biasa Anda lakukan. Jangan lupa mengawalinya dengan pemanasan dan mengakhirnya dengan pendinginan ya, agar terhindar dari cidera. (AR)

---
Foto: Istimewa

 

bugar, olahraga, berlibur, libur, liburan

Artikel Terkait

Comments