4 Beras Sehat Tinggi Serat

4 Beras Sehat Tinggi Serat

Selain nasi putih, sepertinya belum banyak yang tahu bahwa varian nasi amat beragam, tergantung dari jenis berasnya. Variasi beras ini pun memiliki kelebihannya masing-masing dengan kandungan gizi yang berbeda. Bila Anda ingin berdiet dan meningkatkan asupan serat, ada baiknya menukar nasi putih dengan salah satu jenis beras berikut.

Beras Merah
Beras merah memiliki serat yang tinggi karena memiliki indeks glikemik yang lebih rendah sehingga tidak langsung menaikkan gula darah. Hal ini membuat beras merah banyak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.
Kandungan zat besi dan antioksidan serta antosianin pada beras merah juga cukup tinggi. Hanya saja tekstur beras merah memang sedikit lebih keras setelah dimasak. Untuk mendapat rasa pulen, empuk, rendam beras merah dalam air dingin selama 1 jam sebelum dimasak.

Beras Hitam
Meski memiliki warna yang gelap, beras yang juga disebut dengan the Forbidden Rice ini sangat kaya akan antioksidan. Beras hitam punya banyak manfaat kesehatan mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol hingga dapat menjaga berat badan.
Beras ini biasanya dihasilkan dari pertanian organik di kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah. Harganya memang relatif lebih mahal dibanding beras lainnya. Beras hitam ini juga bertekstur sedikit keras dan tidak begitu pulen ketika dimasak. Cuci dan rendam dalam air dingin selama 1 jam sebelum diolah agar teksturnya pulen.

Beras coklat
Beras coklat juga banyak dipilih terutama bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Beras ini tinggi serat sehingga mampu tingkatkan metabolisme tubuh.
Dalam pengolahannya, beras coklat hanya dihilangkan kulit padinya saja sehingga kandungan nutrisinya pun lebih banyak dari beras putih. Hal inilah yang membedakan beras coklat dengan beras putih. Untuk mengolahnya, beras coklat mirip beras merah di mana waktu memasaknya lebih lama dari beras biasa.

Parboled Rice
Parboiled rice atau biasa disebut juga beras pratanak merupakan salah satu produk olahan padi dengan menggunakan perendaman dan pemanasan (pengukusan) terlebih dahulu sebelum digiling. Proses perendaman dan pengukusan bertujuan untuk mempertahankan kualitas fisik dan kandungan gizi beras agar tidak hilang bersamaan dengan pengolah gabah menjadi beras.
Proses pratanak secara umum dibagi menjadi tiga bagian yaitu, perendaman, pengukusan dan pengeringan. Prinsip parboiled rice adalah memperoleh butiran beras yang patinya telah menyerap air atau gelatinisasi sebelum digiling. Jika dibandingkan dengan beras giling biasa, beras pratanak memiliki kandungan serat lebih tinggi.(Jan)

---
Foto: Istimewa

 

catatan dapur, beras, jenis beras

Artikel Terkait

Comments