Squat dan Lunges Ibu Baru Menggunakan Stroller

Squat dan Lunges Ibu Baru Menggunakan Stroller

Begitu bahagianya ketika Anda dianugerahi buah hati. Terkadang untuk bisa mengembalikan tubuh ke bentuk semula, dibutuhkan perjuangan. Tahukah Anda, dengan menggunakan stroller, Anda juga bisa melakukan beberapa olahraga ringan?

Olahraga bisa dilakukan 30 menit. Sebelum memulai, awali dengan pemanasan seperti jalan santai selama dua menit dan pendinginan di akhir olahraga.

Prenatal dan post natal certified trainer serta pendiri Fit Mum & Bub, Adianti Reksoprodjo mencontohkan squat dan lunges yang bisa melatih kekuatan otot quadriceps (paha bagian depan), hamstring (paha bagian belakang) dan glutes (otot bokong).

Apabila dilakukan dengan baik, kedua gerakan ini seharusnya tidak memberikan beban dan tumpuan yang berlebih pada lutut Anda. Berikut ini langkah-langkah melakukan squat dan lunges. Selamat mencoba!

Squat

  • Berdiri tegak dengan posisi kaki sejajar bahu, telapak kaki sedikit mengarah keluar untuk keseimbangan
  • Dorong pinggul ke belakang dan tekuk lutut perlahan hingga membentuk sudut 90 derajat, posisi lutut mengarah keluar
  • Pastikan punggung dalam posisi lurus. Naikkan tubuh perlahan ke posisi semula dan ulangi lagi dari awal

Lunges

  • Langkahkan kaki kanan ke depan, turunkan pinggul sampai 90 derajat
  • Pastikan lutut sejajar dengan pergelangan kaki dan tidak terdorong ke depan terlalu jauh
  • Dorong kaki kembali ke atas untuk membantu ke posisi semula dan ulangi gerakan di atas dengan kaki kiri bergantian dengan kaki kanan. (AR)

---
Foto: Istimewa

 

parenting, ibu anak, bugar, sehat

Artikel Terkait

Comments