Sekitar 25 Ribu Pria Indonesia Terkena Kanker Prostat

Sekitar 25 Ribu Pria Indonesia Terkena Kanker Prostat

Berdasarkan laporan Info dari Kemenkes RI, ada kurang lebih 25 ribu pria Indonesia terkena kanker prostat per tahun 2013. Itu artinya penyakit kanker prostrat merupakan salah satu penyakit yang paling rawan dialami pria Indonesia. Angka yang tinggi juga tercatat di Inggris, sebanyak 47.3 ribu pria didiagnosis menderita kanker prostat. Tidak heran, penyakit ini menjadi penyakit paling mematikan dengan urutan nomor tiga di negara tersebut.

Dilansir dari laman Centers for Disease Control and Prevention, kanker adalah penyakit di mana sel-sel dalam tubuh tumbuh di luar kendali. Sedangkan prostat adalah bagian dari sistem reproduksi laki-laki yang termasuk penis, prostat, dan testis. Prostat terletak tepat di bawah kandung kemih dan di depan rektrum. Prostat berukuran seperti kenari dan mengelilingi uretra. Dari prostat inilah yang menghasilkan cairan yang membentuk bagian dari air mani.

Seiring bertambahnya usia seseorang, prostat cenderung bertambah besar. Ini dapat menyebabkan uretra mempersempit dan mengurangi aliran urin. Hal ini disebut benign prostatic hyperplasia (BPH)  yang juga disertai pembengkakan.

Ada dua faktor yang memengaruhi seorang lelaki terkena kanker prostat ini, yakni faktor internal dan eksternal.  Faktor eksternal ini bisa jadi karena gaya hidup dan kebiasaan seseorang. Sedangkan faktor internal yang paling umum yaitu pengaruh usia seseorang. Semakin bertambah usia seorang pria maka semakin besar pula peluang terkena kanker prostat. Faktor internal lainnya adalah sejarah keluarga atau masalah gen bawaan. Pria yang memiliki ayah, anak laki-laki, serta saudara laki-laki pengidap kanker prostat akan memiliki risiko lebih besar terkena penyakit serupa.

Lantas, apa saja faktor eksternal seseorang terkena kanker prostat. Di antaranya adalah pria dengan tubuh lebih tinggi dan mengalami obesitas yang lebih berisiko. Selain itu juga pola hidup yang dijalani sehari-hari yang dapat membuat risiko terkena kanker prostat lebih lebih tinggi. Seperti merokok, pola makan dengan mengonsumsi kalsium terlalu berlebihan.

Lalu apakah gejala dari kanker prostat itu sendiri? Mengenali gejala-gejala dari kanker prostat sejak dini tidak ada salahnya. Jika diperlukan melakukan skrining kanker juga dianjurkan dengan konsultasi dengan dokter. Adapun tujuan skrining kanker prostat adalah untuk menemukan kanker yang mungkin berisiko tinggi untuk menyebar jika tak segera diobati. Berikut adalah gejala-gejala kanker prostat, di antaranya:

  1. Kesulitan buang air kecil
  2. Aliran urin lemah atau terganggu
  3. Sering buang air kecil di malam hari
  4. Kesulitan mengosongkan kandung kemih
  5. Mengalami rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil
  6. Terdapat darah dalam air seni atau air mani
  7. Nyeri di bagian punggung, pinggul, dan panggul yang tak kunjung hilang
  8. Mengalami ejakulasi yang nyeri

(DN)

---
Foto: Istimewa

sehat, kanker prostat, gejala, penyebab

Artikel Terkait

Comments