5 Penyebab Stretch Mark di Kulit

5 Penyebab Stretch Mark di Kulit

Sretch mark merupakan guratan putih pada kulit yang yang muncul karena lemak pada bagian ikat tubuh seperti pinggang, payudara, perut dan pinggul. Masalah kulit ini pasti sudah tidak asing lagi bagi para wanita dan sering mengurangi rasa percaya diri.

Biasanya stretch mark banyak dialami oleh ibu hamil dan juga remaja ketika memasuki masa pubertas. Bertambahnya berat badan dan obesitas juga dapat mengakibatkan stretch mark pada kulit.  Stretch mark bukanlah tanda dari penuaan dan juga tidak berbahaya bagi kesehatan tubuh.  Hal ini terjadi akibat peregangan yang berlebihan pada kulit dalam waktu cepat yang mengganggu produksi kolagen.  Akibatnya kulit di bawah epidermis mengalami kerusakan.

Tapi untuk mengetahui lebih luas apa yang menyebabkan timbulnya stretch mark, simak penjelasan WI berikut.

Peregangan Otot
Banyak orang mengeluhkan stretch mark karena sering melakukan latihan dengan penekanan menggunakan kekuatan kaki dan betis.  Ini terjadi karena peregangan kulit yang cepat saat ukuran otot meningkat.

Berat Badan
Stretch mark yang disebabkan oleh naiknya berat badan ini umumnya akan timbul  pada bagian paha, pantat dan pinggang. Namun stretch mark bisa perlahan memudar bila Anda menurunkan berat badan,

Pubertas
Stretch mark biasanya terjadi sangat cepat pada masa pubertas dan biasanya akan timbul pada bagian kaki.  Hal ini diakibatkan oleh perubahan hormon yang menyebabkan perubahan pada permukaan kulit seperti stretch mark.

Kekurangan cairan
Kekurangan air menyebabkan kulit menjadi kering dan bersisik sehingga mudah timbul stretch mark terutama pada bagian payudara.

Keturunan
Keelastisan kulit, susunan kolagen dan ketidakseimbangan hormon akan menyebabkan stretch mark. Terutama bagi yang berkulit putih, akan beresiko lebih besar mengalami munculnya stretch mark dibandingkan yang berkulit gelap.(ARAFAH)

---
Foto: Istimewa

healthy life, stretch mark, penyebab

Artikel Terkait

Comments