10 Menit Sehari Bacakan Cerita untuk Anak Berkebutuhan Khusus

10 Menit Sehari Bacakan Cerita untuk Anak Berkebutuhan Khusus

Kegiatan story telling dengan metode read aloud bisa menjadi salah satu pilihan kegiatan yang berkualitas bagi para ibu, baik working mom maupun full time mom. Manfaatnya juga bisa dirasakan untuk anak berkebutuhan khusus (ABK).

Untuk anak berkebutuhan khusus (ABK) seperti anak autis misalnya, menurut Rossie Setiawan - ahli dan penerjemah buku "Read Aloud", read aloud bisa melatih anak untuk fokus.

“Ketika mempedengarkan suara kita, anak akan menyimak sehingga melatih fokusnya,” ujar Rossie.

Waktu membaca yang tepat untuk ABK maupun non ABK bisa kapanpun. Asalkan, orang yang membacakan dan anak yang akan dibacakan buku sudah siap. Menurut Rossie, hal ini juga harus dilihat sebagai waktu yang berkualitas bersama anak karena saat melakukan metode ini orang tua tidak mengerjakan hal lain dan anak menganggap itu hal istimewa yang diberikan untuknya.

“Idealnya, read aloud dilakukan setiap hari. Waktunya tidak perlu banyak, cukup 10 menit per hari tapi rutin. Untuk ibu bekerja, mungkin saat kerja meeting bisa memakan waktu 2-3 jam, tapi anak kita cuma butuh waktu 10 menit dan bisa mendapat manfaat dari read aloud,” sambung Rossie.

 Rossie berpesan, untuk para ibu yang baru menerapkan metode ini agar menggunakan tanda baca yang tepat agar anak jadi tahu cara membaca. Peran ibu memang dirasa sangat besar karena melalui suara ibu, anak bisa mendapatkan semua unsur yang dibutuhkan untuk membaca dalam suasana menyenangkan. (AR)

---
Foto: Istimewa

 

 

 

 

ibu anak, membaca, ABK, anak berkebutuhan khusus, read aloud

Artikel Terkait

Comments