5 Hal Penting Bersihkan Kulkas

5 Hal Penting Bersihkan Kulkas

Lemari es atau kulkas, sebagai tempat untuk menyimpan beragam jenis bahan makanan akan menimbulkan aroma tak sedap dan juga kotor bila tak dibersihkan. Namun membersihkan kulkas dengan cara yang tidak tepat dapat membuat kulkas tidak lagi higienis untuk menyimpan makanan. Yuk, bersihkan kulkas agar menjadi bersih dan lebih higienis.

Kosongkan Kulkas
Keluarkan semua isi kulkas. Mulai dari makanan, minuman dan bahan pangan lainnya. Copot juga laci dan rak yang berada di dalam kulkas secara hati-hati. Hal ini untuk memudahkan dalam membersihkan kulkas.

Pembersih yang Aman
Perhatikan bahan yang digunakan untuk membersihkan kulkas. Pilih spons atau kain lap yang bersih dengan bahan mikrofiber agar serat kain tidak tertinggal di dalam kulkas. Sebelum membersihkan, rendamlah spons atau kain lap dalam air hangat yang telah diberi sabun cair pencunci piring yang aman bagi makanan. Hal ini mencegah bakteri berkembang biak pada spons atau lap. Jangan gunakan deterjen dan cairan pembesih yang biasa digunakan untuk kaca atau lantai, hal itu dapat memicu bahaya bagi kesehatan.

Matikan Kulkas
Jangan pernah membersihkan kulkas pada keadaan hidup agar terhindar dari sengatan listrik  dan juga menghidari konslet. Cabut terlebih dahulu aliran listrik dari stop kontak agar membersihkan kulkas lebih leluasa dan terhindar dari resiko yang membahayakan.


Mengemas Makanan
Penempatan atau pengemasan bahan makanan akan mempengaruhi kualitas kebersihan dari kulkas Anda. Bila salah mengemas bahan makanan akan menimbulkan aroma tak sedap dari kulkas. Cuci bersih terlebih dahulu sayuran sebelum dimasukkan ke kulkas, lalu tunggu sampai airnya tiris agar tak cepat busuk.
Bila sudah kering, kemas dalam pembungkus kertas, hindari plastik agar tidak tumbuh bakteri yang membuat busuk. Untuk buah, jangan mencucinya bila ingin dimasukan ke kulkas. Kelembapan dari air akan membuat buah cepat busuk. Bila Anda mempunyai makanan yang tidak sempat habis namun sayang dibuang, alangkah baiknya bila ditempatkan dalam wadah tertutup.


Cek Tanggal Karduluasa
Lihat baik-baik tanggal kadarluasa dari minuman dan makanan kemasan yang ada di kulkas. Bila sudah lewat masa berlaku, baiknya segera di buang agar tidak menimbulkan bau  dan bakteri yang dapat mengontaminasi makanan lain. (JAN)

---
Foto: Istimewa

 

catatan dapur, kulkas, bersih

Artikel Terkait

Comments