Manfaat Kacang Kedelai untuk Kecantikan

Manfaat Kacang Kedelai untuk Kecantikan

Kacang kedelai merupakan salah satu sumber protein nabati dan sangat dikenal sebagai bahan pokok pembuatan makanan dan minuman. Selain untuk makanan ternyata kacang kedelai memilki segudang manfaat salah satunya untuk kecantikan.

Susu Kedelai Untuk Rambut
Sering mengalami rambut rontok dan bercabang? Coba konsumsi kacang kedelai secara rutin karena tumbuhan ini kaya akan protein, zat besi, asam folat, kalsium dan vitamin B. Selain itu, kacang kedelai juga bisa membuat rambut berkilau, menyuburkan dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Coba oleskan susu kedelai pada rambut hingga permukaan kulit kepala, lalu diamkan selama 20 menit lalu bilas rambut sampai benar-benar bersih.

Masker Kacang Kedelai
Selain bermanfaat bagi tubuh, kacang kedelai juga bermanfaat bagi kulit. Rajin mengonsumsi kacang kedelai dapat membuat kulit menjadi lembab, menghilangkan flek-flek hitam dan juga dapat mengatasi kulit berminyak dan kusam. Ini disebabkan kacang kedelai memiliki kandungan vitamin  B1 dan vitamin  E yang dapat mengontrol dehidrasi pada kulit sehingga memperbaiki sel-sel kulit mati.
Selain itu kacang kedelai juga berfungsi sebagai anti aging atau dapat mengatasi keriput pada wajah.
Cara pengaplikasian kacang kedelai ini bukan hanya diminum tapi bisa juga digunakan sebagai masker. Rendam kacang kedelai semalaman lalu blender atau tumbuk hingga kental, tambahkan 2 sdm susu sapi dan oleskan masker ke seluruh wajah, diamkan selama 15 menit, lalu bilas wajah dengan air bersih.  

Mengurangi Jerawat
Jerawat adalah musuh utama khususnya bagi kaum hawa yang kerap mengurangi rasa percaya diri. Gunakan masker kacang kedelai untuk mengatasinya. Masker susu kedelai dan pasta kedelai, dapat membantu anda mengurangi jerawat, terutama jerawat batu. Enzym penghambat protein yang terdapat pada kedelai akan membantu mengempeskan serta mengeringkan jerawat.

Kulit Kulit Lebih Cerah
Bila warna kulit sering kusam atau belang, memang membuat penampilan jadi tidak menarik. Masalah ini sering terjadi pada wanita yang berkerudung dan disebabkan oleh paparan sinar matahari.
Untuk mendapatkan hasil maksimal bisa menggunakan masker wajah kacang kedelai yang  dicampurkan dengan jeruk nipis atau pasta kedelai, lalu dioleskan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit. Setelah kering bilas wajah dengan air hangat. Lakukan dengan rutin seminggu tiga kali. (ARAFAH)

---
Foto: Istimewa

cantik, manfaat, kacang, kedelai, kecantikan

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments