Kunci Sukses Philipe Karunia

Kunci Sukses Philipe Karunia

Wajah cantik para seleb tidak luput dari tangan dingin orang di belakangnya. Philipe Karunia merupakan nama yang sudah tidak asing di industri kecantikan. Telah banyak publik figur Indonesia yang wajahnya ia sulap menjadi secantik bidadari.  

Banyaknya prestasi yang telah ia torehkan membawa dirinya ke negara lain, dipercaya untuk merias wajah Miss Thailand Mai Supapada Phureepong. Kesuksesan ini  memang bukan tanpa kerja keras dan kemauan yang tak tergoyahkan.

Banting setir nih, dari Sarjana Ekonomi ke MUA?
Saat kuliah saya merasa salah jurusan, tapi saya tetap jalankan. Awalnya  saya ingin sekali kuliah desain interior namun orang tua  menentang. Pada saat itu  kuliah jurusan ekonomi sedang naik daun sehingga akhirnya nyemplung ke sana.
Nah, setelah saya lulus, saya sama sekali tidak ingin bekerja di bidang yang berkaitan dengan kuliah yang saya ambil. Barulah Kemudian saya belajar secara otodidak menjadi make up artist.

Reaksi orang tua saat itu?
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya berhasil di setiap profesinya. Mungkin awalnya menentang dengan pilihan anak laki-lakinya ini. Namun perlahan mereka luluh dengan pembuktian saya yang bekerja keras untuk bisa berhasil tanpa membebani orang tua.

Artis pertama yang Anda rias?
Saat pertama kali terjun sebagai MUA, artis yang saya rias wajahnya adalah Tamara Bleszinsky untuk shooting dan foto iklan produk kecantikan. Tentunya saya sangat tegang namun senang karena saat itu juga pertama kali merias untuk iklan dan langsung dapat artis yang sedang populer.  

Apa sih ciri khas gaya dandanan Anda?
Saya senang sekali merias wajah klien dengan gaya natural flawless karena saya berpikir setiap orang memiliki kecantikan tanpa harus mengubah total wajahnya. Dengan gaya ini saya dapat memberikan riasan yang menonjolkan kecantikan alami dari wajah orang tersebut.

Cerita di balik buku "Because You're Special"?
Buku ini merupakan buku pertama saya. Kebetulan juga berkolaborasi dengan brand Make Over. Dari buku ini, saya ingin memberikan pengetahuan dan tips kepada orang-orang yang ingin menjadi make up artist baru atau sebagai personal use sehingga mereka dapat merias wajah secara tepat. Selain itu, saya juga ingin agar buku ini menjadi sebuah warisan yang bisa diturunkan kepada generasi muda.

Anda juga hobi memotret ?
Betul, saya suka sekali memotret. Jadi setelah saya selesai make up seorang seleb, saya akan memotretnya sendiri. Tentunya  dengan angle berbeda yang belum pernah ia lakukan. Jadi dalam setiap hasil jepretan, saya selalu eksplor pose atau angle yang berbeda.

Tantangan menjadi MUA di era digital?
Dulu justru tantangan menjadi MUA lebih sulit karena belum seperti sekarang yang serba praktis. Di era digital ini karya kita langsung ditampikan dengan cara posting di sosial media. Saya yakin bila setiap make up artist memiliki style yang berbeda, mempunyai skill yang memadai dan attitude yang baik, maka ia akan berhasil bertahan.

Rencana ke depan?
Tentunya ingin tetap menjadi seorang make up artist yang dapat bertahan dan terus berkiprah di dunia tata rias. Saya juga ingin bisa memberikan panutan yang positif untuk generasi-generasi muda yang ingin menjadi make up artist.

Tiga tips untuk make up flawless sempurna ala Philipe
Harus bisa blending yang cantik. Harus bisa apply foundation natural flawless ala no make up make up.
Harus punya taste untuk membatasi diri agar saat menggunakan produk make up tidak berlebihan dan tidak terlalu tebal.

Tips agar sukses menjadi MUA profesional
Setiap make up artist baru yang ingin terjun ke dunia tata rias ini, harus mampu memilih make up yang sesuai dan memiliki skill yang cukup untuk menjadi make up artist profesional. Jadi intinya kita harus tetap bisa merias gaya apa saja di luar style kita agar klien merasa puas dengan hasilnya. Dan yang paling penting, seorang make up artist harus mempunyai sikap yang baik dan humble agar hubungan klien terjaga dengan baik. (JAN)

---
Foto: Dok. Pribadi

 

style icon, make up artist

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments