Surya Saputra Berusaha Imbang

Surya Saputra Berusaha Imbang

Momen mendampingi anak di usia yang masih balita adalah salah satu kebahagiaan tersendiri. Begitu juga dengan Surya Saputra yang selalu ada untuk Tatjana dan Bima, dua anaknya yang kembar.

Surya Saputra mengaku sangat menikmati hari- harinya sebagai ayah bagi kedua anak kembarnya yang berusia 4 tahun lebih. Ia merasa kehidupannya lebih berwarna dan semakin ramai karena ada Tatjana dan Bima di sampingnya. Sebagai seorang ayah, Surya mengaku harus bisa membuat mereka bahagia.

"Kalau saya tipikal orangtua yang di tengah- tengah kali ya. Saya selalu berusaha menghibur seperti menari di depan mereka agar mereka tertawa. Tapi bisa memberikan batasan juga," ungkap Surya Saputra dalam acara media visit Lagi- Lagi Ateng ke Tabloid Wanita Indonesia.

Lebih jauh Surya mencontohkan kebiasaan salah satu anaknya yang suka menaruh kaki di kepalanya. Alhasil, ia harus membiasakan pula untuk menegur sang buah hati.
Surya mengaku kedekatan sekaligus batasan itu ia terapkan pada dua anaknya secara imbang. Artinya, Surya tidak condong pada Tatjana maupun Bima. Ia juga mencontohkan, untuk urusan menemani tidur saja, Surya sehari tidur dengan Tatjana, di hari lain ia harus tidur dengan Bima.

"Kemarin Bima sempat sakit. Saya sedikit khawatir dan sedih karena ia tidak bisa minum jadi Bima kemarin itu sempat dipasang infus," jelas suami Cynthia Lamusu ini.

Surya menambahkan bahwa Bima sempat sakit pilek dan radang tenggorokan.  

"Tapi sekarang Alhamdulillah dia sudah sehat," imbuh pria 43 tahun ini.

Baik Bima maupun Tatjana sedang dalam fase tumbuh kembang yang pesat. Terbukti keduanya senang mengeksplor dunia di luar. Mereka sangat aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Jadi banyak sekali pertanyaan yang disampaikan oleh mereka berdua. Surya, sebagai ayah harus bisa menemani mereka yang sedang lucu- lucunya ini.

"Kalau Tatjana sih sekarang sedang banyak belajar dan eksplor," ungkap Surya.

Hal yang paling disukai oleh Tatjana adalah selalu meminta Surya untuk menulis A,B,C hingga Z untuk kemudian tanya jawab bersama. Selain itu, Tatjana juga sedang suka belajar angka dengan cara bermain tebak angka.

"Kalau Bima sekarang sih lagi belajar bicara. Tapi sempat takut juga sih kenapa Bima agak lambat bicaranya, jadi kita bawa ke dokter. Lalu dokter menenangkan kita, bahwa lelaki memang lebih lambat bicara daripada perempuan," papar aktor senior ini.

Selain seru bermain dan belajar, ternyata baik Tatjana maupun Bima juga sering kali bertengkar. Maklum, di usia yang sepantaran mereka sering memperebutkan sesuatu. Mainan, kata Surya adalah hal yang selalu mereka perebutkan meski keduanya telah diberikan mainan yang sama.

Merangsang Proses Belajar

Usia balita merupakan masa pentingnya anak untuk belajar dan mengenal. Otomatis, Surya harus selalu mendampingi dan mengawasi proses belajar mereka. Surya selalu  membiasakan mengajak mereka mengobrol dan bertanya.
"Untuk merangsang mereka juga. Apalagi Bima ini kan masih belajar ngomong," imbuh Surya.

Ia juga selalu mengajarkan kata yang kemudian ditirukan oleh sang buah hati. Sama halnya dengan orang tua lain, Surya juga mengajarkan berbicara melalui proses.

"Misalnya hari ini hanya mengajarkan dua kata, besoknya empat hingga enam," imbuhnya.

Selain itu Surya mengaku kini anaknya tak bisa lepas dengan gadget. Walau begitu, menurut Surya gadget ini sebenarnya juga bisa menjadi sarana belajar yang baik bagi anak. Tapi jika tidak dibatasi dan diawasi memang bisa fatal akibatnya.

"Lebih saya awasi saja kalau mereka bermain gadget," pungkas pria kelahiran 5 Juli 1975 ini. (DN)

---
Foto: IG @suryasaputra507

selebritis, indonesia, profil, surya saputra

Fokus Berita Lainnya

Artikel Terkait

Comments