Sinyal Tubuh Di Usia 30-an

Sinyal Tubuh Di Usia 30-an

Secara sekilas tubuh Anda memang tidak merasakan perbedaan namun, metabolisme tubuh Anda mulai berubah. Perubahan ini adalah proses normal dari bertambahnya usia.

Kesehatan dan kebugaran tubuh adalah hal yang sangat penting, terutama di usia 30 tahun, usia ketika tubuh seseorang mengalami banyak perubahan. Alhasil, pemeriksaan kesehatan rutin menjadi sangat penting. Kebiasaan gaya hidup yang baik dapat membantu Anda terus menikmati kesehatan yang baik meski telah berusia 30-an.
Di bawah ini beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan ketika usia 30 tahunan menjelang.

Mempertahankan Berat Badan yang Sehat
Banyak wanita mulai bertambah beberapa kilo berat tubuhnya di usia 30-an. Itu terjadi ketika metabolisme mereka melambat. Untuk mempertahankan berat badan yang sehat, sangat penting untuk memiliki program olahraga yang mencakup aktivitas aerobik. Beberapa olahraga seperti berjalan, jogging, bersepeda atau berenang dapat Anda lakukan. Selain itu, makanlah makanan sehat yang seimbang, rendah lemak jenuh, serta buah dan sayuran.

Menjaga Kulit Anda Terlihat Segar dan Awet Muda
Tak bisa dipungkiri, di usia 30 tahunan, ketika Anda bercermin beberapa kerutan halus membayangi wajah Anda. Bahkan, kulit Anda bisa terlihat sedikit kusam. Itu karena sel-sel kulit baru tidak terbentuk secepat dulu. Tak perlu khawatir, ini adalah bagian normal dari penuaan, dan terus berlanjut sepanjang hidup Anda. Manfaatkan anti aging cream dan jangan lupa menggunakan pembersih dan pelembab ringan.

Mencegah Pengeroposan Tulang
Meskipun tidak terlihat, keropos tulang adalah salah satu penyakit paling rawan ketika usia mulai menginjak 30-an. Istilah yang biasa dikenal yaitu osteoporosis. Selain itu, otot-otot Anda juga akan mulai kehilangan kekuatannya, sehingga dapat memengaruhi kebugaran, kekuatan, dan keseimbangan tubuh.  Anda dapat membantu mencegah keropos tulang  dan mengurangi risiko terkena osteoporosis dengan memastikan makanan Anda kaya klasium sehingga memperkuat tulang dan gigi. Selain itu, aktiflah dalam latihan menahan beban aerobik (jogging, atau menari). Tanyakan pula pada seorang ahli profesional tulang cara agar menjaga tulang agar tetap kuat. Misalnya dengan mengonsumsi suplemen vitamin dan mineral.

Masalah Reproduksi dan Kehamilan
Memiliki anak di usia 30 tahun atau lebih, entah karena faktor finansial maupun pernikahan Anda yang telat merupakan hal yang cukup rawan. Hal ini dapat meningkatkan risiko terkait dengan kehamilan pada usia ini. Wanita sering kali mengalami penurunan kesuburan setelah usia 35 tahun, sehingga dibutuhkan waktu lebih lama untuk hamil daripada wanita di bawah 30 tahun. Selain itu, di usia ini kemungkinan keguguran dan masalah kehamilan meningkat seperti misalnya risiko cacat lahir.

Mengurangi Stres
Di usia 30-an, tekanan hidup semakin tinggi, di mana Anda harus berjuang untuk kehidupan karier, mengurus rumah tangga, mengasuh anak, hingga merawat orang tua yang sudah lanjut usia. Untuk mengatasi stress, menjalani kebiasaan hidup sehat dapat mengurangi tingkat stres yang Anda rasakan. Misalnya dengan asupan makanan yang bergizi, rendah lemak, olahraga teratur dan tidak merokok. Hal yang paling penting juga adalah jangan lupa meluangkan waktu untuk aktivitas pribadi yang dapat membantu mengurangi stress seperti yoga, berkebun, membaca serta menghabiskan waktu bersama teman-teman. (DN)

---
Foto: Istimewa

sehat, sinyal tubuh, usia 30

Artikel Terkait

Comments