Koleksi Ramadhan Ivan Gunawan Luncurkan Nostalgia

Koleksi Ramadhan Ivan Gunawan Luncurkan Nostalgia

Karya Ivan Gunawan memang selalu membuat penasaran penikmatnya, setiap detail busana yang ia buat selalu terlihat simpel dan elegan. Terlihat di pagelaran yang ia namakan ‘Nostalgia’ untuk koleksi Ramadhan modest wear 2019 tersebut Ivan mengaku jatuh cinta terhadap musim semi di daerah-daerah Eropa.

“Semua busana yang saya keluarkan bertema Nostalgia, tema ini saya ambil disaat saya berkunjung ke daerah Eropa, Paris, London, dan Turkey. Ketika berkunjung ke sana musim yang paling saya jatuh cinta itu ketika musim semi dari situlah saya mendapatkan inspirasi. Jadi apa yang saya hasilkan itu bentuk dari yang saya rasakan, nikmati dari hati sendiri,” kata Ivan Gunawan saat konferensi pers pada Rabu (20/3) di SCBD, Jakarta Selatan.

Desainer yang akrab disapa Igun ini mengeluarkan sebanyak 150 koleksi mulai dari koleksi busana wanita Mandja Hijab, Khalif (baju pria), serta koleksi gabungan untuk keluarga. Pada koleksi busana Ramadhan kali ini diakui Ivan berbeda dengan tahun sebelumnya, terutama pada model bahan serta look yang bisa menjadi pilihan untuk wanita muslimah dalam mix and match baju muslim. Meskipun terlihat modern setiap rangkaian busana muslim yang ia buat selalu mengikuti syariat Islam sehingga banyak menampilkan busana yang loose.

“Jadi dalam koleksi tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, ada beberapa yang menjadi primadona. Aku banyak menggunakan bahan tweed, jatuh cinta banget dengan bahan ini karena, selain look-nya glam bisa untuk dijadikan outer dan blazer. Sehingga bisa dijadikan opsi bagi wanita muslim untuk mix and match baju,” ujar Ivan.

Untuk menuangkan koleksi terbaru Mandja Hijab, Ivan Gunawan memilih warna pekat, seperti cokelat, navy, blue, warna tanah, mustard, peach, dan hijau. Warna-warna tersebut menggambarkan kesyahduan dan melukiskan suasana hatinya saat dilanda asmara.

Ivan Gunawan dinilai mampu mendobrak dengan meninggalkan warna pastel yang seolah menjadi pakem warna baju muslim. Ia juga mengeluarkan beberapa baju muslim dengan tabrak motif serta memadankan bahan tweed yang merupakan wol yang ditenun, bertekstur kasar dengan bahan voile yang ringan, serta brokat yang halus.

Selain itu, ia berpendapat jika Indonesia juga mampu menjadi kiblat fesyen muslim dunia, itulah mengapa setiap merancang busana ia kerap mendapat inspirasi dari berbagai negara.“Saya membuat satu pandangan bahwa busana muslim itu kiblatnya bukan di Arab tapi busana muslim itu kiblatnya ada di Indonesia, kali ini saya ingin mengambil Eropa, karena di sana jadikan pusat mode. Mulai dari arsitekturnya selama perjalanan saya di sana benar-benar menjadi inspirasi buat saya,” kata Igun.

Dalam pagelaran tanpa panggung yang dinamai ‘Colossal Fashion Show’ ini, diakui Ivan terinspirasi dari Karl Lagerfeld bedanya panggung Ivan selalu ada hiburan yang disajikan. “Saya bukan tipe desainer yang copy cat, saya mau di saat orang datang ke fashion show saya itu ada part of entertainment yang berkesan,” pungkas Ivan. (Ev)

Foto: Lintang Widowati

Ivan Gunawan,Nostalgia,Khalif Mens Wear,Koleksi Ramadhan Modest Wear 2019,Mandja Hijab

Artikel Terkait

Comments