Matikan Lampu 1 Jam Bisa Selamatkan Bumi!

Matikan Lampu 1 Jam Bisa Selamatkan Bumi!

Mematikan lampu selama satu jam dan serentak dapat mengurangi 267 ton emisi karbondioksida (CO2). Peringatan Earth Hour ini merupakan pangkal dari keprihatinan warga dunia tentang adanya perubahan iklim di bumi yang nyaris tidak bisa dihindari.

Sebagai bentuk aksi penyelamatan bumi, World Wide Fund for Nature (WWF ) Indonesia menggandeng Hotel bintang lima Grand Mercure Hotel Kemayoran Jakarta untuk melakukan gerakan mematikan lampu selama satu jam. Hal itu dilakukan dalam rangkaian gerakan “Connect to Earth”. Tema ini diusung oleh “Earth Hour 2019” yang telah berjalan selama 12 tahun di Indonesia.

Gerakan ini diinisiasikan setelah gerakan di Perancis di mana kita dan warga dunia diajak untuk menurunkan emisi gas buang yang menjadi salah satu penyebab perubahan iklim.  Indonesia sendiri diminta untuk menurunkan 20%, sama dengan beban yang dimiliki oleh negara lain.

Nah dari mulai itulah WWF Indonesia mulai mencoba menformulasikan gerakan yang paling sederhana dan mudah sehingga semua orang bisa lakukan.

“Kita mengajak masyarakat Indonesia untuk mematikan lampu dalam satu jam di bulan maret,” jelas Saiful selaku perwakilan dari WWF Indonesia saat ditemui Tabloid WI pada Sabtu, 30 Maret lalu di Lobby Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta.

GMKJ 60+ Earth Hour, Sabtu (30/3) di Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta


Kampanye ini nyatanya dari tahun ke tahun semakin meningkat. Hingga saat ini, WWF telah didukung oleh 180 negara di dunia. Dan di Indonesia sendiri sudah ada 38 kota besar yang turut dan rutin melakukan gerakan ini.

Tahun ini diharapkan bisa menggerakkan lebih banyak pihak untuk melakukan aksi nyata dalam kehidupan sehari-hari, bukan sekadar seremonial sesaat. Inginnya juga kampanye ini terus disebarkan, sekaligus mengajak semua orang untuk peduli pada lingkungan. Seperti yang diungkapkan oleh Aloysia Sekar, Marketing Communication Manager Grand Mercure Jakarta Kemayoran.

“Tentu saja hal ini perlu dilakukan untuk kelangsungan sumber daya alam dan planet bumi,” ujarnya.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap planet bumi, momen Earth Hour di Grand Mercure Jakarta Kemayoran ini dimulai pukul 20.00 WIB. Penampilan komunitas Magicians Nights Jakarta Community dan pertunjukan musik oleh Divo Entertainment membuat malam gelap menjadi begitu meriah.

Tak hanya momen memadamkan lampu selama 1 jam penuh di malam itu, Earth Hour di Grand Mercure Jakarta Kemayoran juga diisi dengan beragam aktivitas, seperti mendaur ulang kaos bekas menjadi tas serbaguna. Aksi ini dilakukan untuk melanjutkan dan mendukung sebuah gerakan Indonesia Bebas Sampah Plastik 2020 yang bertujuan untuk mengurangi limbah plastik yang semakin memprihatinkan, terutama di ekosistem laut. (RV)

---

Foto: Ranov

Earth Hour, Save Earth, matikan Lampu 60 Menit,

Artikel Terkait

Comments