MUFFEST 2019 Gaungkan Trend Fashion Muslim 2020

MUFFEST 2019 Gaungkan Trend Fashion Muslim 2020

Perhelatan Muslim Fashion Festival Indonesia (MUFFEST) 2019 kembali digelar. Acara yang digelar untuk memajukan industri fashion muslim Indonesia dan mewujudkan Indonesia sebagai kiblat fashion muslim dunia ini akan digelar mulai tanggal 1 hingga 4 Mei mendatang di Assembly Hall, Jakarta Convention Center (JCC).

Seperti tahun sebelumnya acara yang digelar oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) bersama Dyandra Promosindo selaku Professional Exhibition Organizer (PEO) ini akan menghadirkan Exhibition (pameran dagang) ritel atau B2c (Business to Customer) dan mengarah pada B2B (Business to Business), Fashion Presentation, Talkshow, Seminar, Fashion Design Competition serta Fashion Show yang menampilkan ragam gaya busana muslim karya desainer Indonesia. Mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020 bertema Singularity.
 
“MUFFEST 2019 akan hadir dengan meningkatkan kualitas produk fashion muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi, termasuk mengarahkan pada konsep sustainable fashion. Dengan target Indonesia sebagai barometer fashion muslim dunia, MUFFEST 2019 berupaya menggaungkan tawaran Trend Fashion Muslim 2020 yang diarahkan sebagai identitas busana muslim Indonesia,” tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber, pada Senin, 22 April lalu di Jakarta.

Rangkaian acara pre-event MUFFEST yang inspiratif dan interaktif kembali digelar tahun ini, meliputi Elzatta x Modest Young Designer Competition (MYDC) supported by Asia Pacific Rayon yaitu kompetisi untuk para desainer muda dalam menunjukkan kreativitas di bidang fashion muslim. Pendaftaran MYDC 2019 yang mengusung tema desain “Neo Medieval” atau “Exhuberant”, berlangsung pada tanggal 18 Februari-8 Maret 2019.

Roadshow MYDC 2019 pun dilakukan ke-9 sekolah mode di Indonesia. Setelah melalui proses seleksi, Dewan Juri memilih 15 finalis MYDC 2019 yang selanjutnya mendapatkan coaching dari IFC, Elzatta, dan APR untuk menampilkan karyanya di ajang MUFFEST 2019 dan menentukan pemenang MYDC 2019. Publik dapat ikut serta memilih pemenang MYDC Favorit melalui open voting di media sosial pada tanggal 1-20 April 2019.
 
Selain itu, Wardah NEXT FACE MUFFEST 2019 yang merupakan kompetisi untuk para perempuan muda muslim yang menggemari dunia fashion, modis, cerdas, dan berkepribadian baik juga akan digelar. Proses kompetisi yang berlangsung pada tanggal 27 Maret hingga 10 April 2019 ini telah menentukan 15 finalis NEXT FACE. Untuk memilih pemenang NEXT FACE Favorit dapat dilakukan melalui open voting di media sosial pada tanggal 15-23 April 2019. Kemudian, digelar pula Wardah Make Up & Hijab Do Competition, yaitu kompetisi untuk para make up enthusiast dan hijab stylist yang berlangsung pada tanggal 9-23 April 2019. Pengumuman pemenang kedua kompetisi yang diselenggarakan oleh Wardah ini akan berlangsung pada acara MUFFEST 2019.
 
Perhelatan  fashion bergengsi ini pun mendapatkan dukungan penuh dari pihak Pemerintah, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif. Serta didukung oleh Tokopedia sebagai Official E-Commerce Partner, Wardah sebagai Official Make Up, dan pihak sponsor lainnya, yaitu Elzatta, UBS Gold, dan Asia Pacific Rayon. Dan turut menggandeng community partner, yakni Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).
 
Dalam kesempatan yang sama, Andi Djoewarsa selaku VP of Marketing Tokopedia menyambut baik kerja sama dengan MUFFEST, "Kami melihat keselarasan visi Tokopedia dengan MUFFEST 2019 dalam menciptakan peluang bagi seluruh masyakarat, termasuk bagi desainer fashion muslim tanah air. Selain itu, kolaborasi ini sejalan dengan campaign kami yaitu Selaksa Rupa yang bertujuan untuk menyatukan kekayaan budaya Indonesia melalui keanekaragaman pilihan, desain, dan gaya fashion dari kolaborasi desainer fashion muslim ternama di Indonesia."

Andi menambahkan, “Kami berharap komitmen Tokopedia untuk mendorong pergerakan ekonomi digital serta mendukung para kreator lokal terus berjalan melalui kerja sama ini."
 
Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, yang juga memiliki lebih dari 2.000 mitra untuk menghadirkan jutaan produk pilihan berkualitas dan bermerek melalui Official Store, menawarkan berbagai kemudahan bagi pengguna Tokopedia berupa Gratis Ongkir Sepuasnya di toko-toko yang berpartisipasi. Selain itu, Tokopedia juga menyediakan voucher cashback untuk setiap pembelian produk fashion muslim di Official Store. (RV)

---
Foto: Istimewa

MUFFEST 2019, Fashion Muslim

Artikel Terkait

Comments