DIY: Motif Sarang Lebah di Dinding

DIY: Motif Sarang Lebah di Dinding

Bagi banyak orang di seluruh dunia, sekadar berada di rumah sendiri sudah cukup untuk membuat mereka merasa bahagia. Meskipun demikian, bagaimana jika kita bisa membuat rumah kita menjadi tempat tinggal yang semakin membuat kita terasa lebih bahagia?

Sebagai langkah awal, Anda dapat mengecat dinding rumah dengan beragam warna dan pola yang berbeda. Anda juga bisa mengajak seluruh anggota keluarga untuk membantu Anda dan menjadikannya sebagai aktivitas yang menyenangkan dan mempererat hubungan satu sama lain. Salah satu pola yang paling mudah untuk Anda buat adalah pola sarang lebah. Selain menyenangkan untuk dilihat, pola tersebut dapat disesuaikan dengan bentuk dan ukuran dinding hunian Anda.

Berikut adalah panduan lengkap untuk menghias dinding rumah Anda dengan pola sarang lebah. Sebelum memulai proses pengecatan, siapkan sejumlah hal berikut ini:

Peralatan & Perlengkapan:

  • Tiga warna cat yang berbeda
  • Rol cat, berukuran standar dan kecil
  • Baki cat
  • Pita pengukur
  • Pensil
  • Kertas kosong
  • Penggaris
  • Spirit level
  • Lakban kertas
  • Kuas cat
  • Gunting

Dalam panduan ini, digunakan tiga warna yang berbeda dari Dulux, yaitu
Spiced Honey – yang merupakan Dulux Color of the Year 2019 – atau juga dikenal sebagai Crème Brulee (00YY 26/220)
Global Waters (50BG 11/123)
Thundercloud (10GG 26/046)

Cara Pembuatan

Pertama, lakukan pengecatan pada area dinding Anda menggunakan satu warna dasar (Global waters). Setelah cat dasar mengering, sekarang saatnya membuat “jalur” pola sarang madu.

--------

Kedua, gunakan lakban kertas untuk membuat “jalur” pola sarang madu. Pastikan lakban kertas terpasang secara lurus dengan menggunakan spirit level. Setelah penempatan pola sarang madu telah sesuai, Anda dapat mulai membuat contoh untuk pola-pola tersebut.

-------

Ketiga, Anda bisa mulai menggambar dan memotong kertas untuk di bentuk menjadi segitiga bersisi sama panjang dengan penggaris dan pensil. Mengacu kepada segitiga ini, buatlah bentuk heksagon sebanyak yang Anda perlukan.

---------

Kemudian yang keempat, gunakan selotip untuk menandai tepi luar setiap heksagon. Jika Anda ingin membuat outline, ulangi langkah ini dengan membentuk heksagon yang berukuran lebih kecil di dalam stensil.

-----------

Lalu tahap kelima adalah proses pengecatan. Gunakan kuas atau rol kecil untuk mengisi bentuk-bentuk yang telah Anda tandai sebelumnya dengan warna cat pilihan Anda. Anda bisa menggunakan warna yang sama untuk semua pola sarang madu Anda, atau memadukannya dengan beragam warna lain.

---------

Sebagai langkah terakhir, lepaskan lakban kertas ketika cat masih sedikit basah untuk memunculkan pola sarang lebah yang terletak pada dinding Anda!

Dan kini, nuansa setiap ruangan di rumah Anda akan terasa semakin elegan dengan pola sarang lebah.

---
Sumber & Foto: Dulux AkzoNobel

Graha, DIY, Cat, dinding

Artikel Terkait

Comments