Hindari Mengonsumsi Ini Saat Sahur

Hindari Mengonsumsi Ini Saat Sahur

Saat berpuasa kita kehilangan banyak cairan tubuh. Pemilihan menu makan sahur yang tepat bisa menjadi salah satu cara menjaga tubuh tetap fit selama puasa Ramadan.

Sebagai bentuk komitmen mengajak masyarakat agar tetap sehat saat berpuasa, Pocari Sweat menyelenggarakan “Workshop Menu Sahur praktis dan Sehat” pada 8 – 5 Mei 2019. Dengan begitu, informasi dan tip yang dibagikan para expert dapat disampaikan di media tersebut. Rangkaian kegiatan ini juga bekerjasama dengan media massa sebagai partner. Workshop ini akan diselenggarakan serentak di 12 kota dengan menggandeng lebih dari 100 media, meliputi media cetak, media online, TV dan radio diseluruh Indonesia. Lebih dari 150 instansi dan komunitas dengan 10 ribu partisipan yang terlibat.

Peserta dari kegiatan ini adalah organisasi dan komunitas perempuan dari berbagai kota besar di Indonesia. Salah satunya Kakak Hijabers dari Hijab Motion pada 28 April 2019 yang mengikuti workshop di Aula Mabrur Annisa Travel Jakarta.

Selama workshop, para partisipan mendapat informasi tentang pemilihan menu makan sahur yang praktis namun. Selain itu menurut Seala Septiani, S.GZ. M.Gizi saat makan sahur sebaiknya perbanyak mengonsumsi serat yang bisa didapat dibuah dan sayur serta cukup cairan.

“Tip agar tetap fit selama puasa tentu harus memperanyak mengonsumsi buah dan sayur. Kemudian lauk pauk, kurangi gula, garam, dan minyak. Serta yang sering terlupakan saat puasa ialah cairan tubuh yang cukup,” kata Seala saat mengisi seminar.

Bicara soal cairan tubuh sebaiknya saat sahur hindari minuman yang mengandung kafein. Seala juga menambahkan jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gula saat sahur maupun berbuka karena bisa membuat tubuh dehidrasi.

“Saat puasa tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi gula, justru membuat kita cepat lapar dan ngantuk. Misalnya kopi dan teh karena sifatnya yang deuratik jadi tubuh kita ingin mengeluarkan cairan tubuh secara berlebih, dan sehabis sahur sebaiknya jangan langsung tidur setelah makan,” tambahnya.

Pasalnya, banyak orang yang masih memprioritaskan teh dan kopi, padahal keduanya mengandung unsur deuritik yang bisa mengakibatkan kita terstimulasi untuk sering ke kamar kecil. Sehingga, kandungan cairan yang kita konsumsi saat sahur banyak yang hilang. 

Selain itu, tubuh kita terdiri dari air dan ion. Karenanya, minuman yang mengandung ion bisa menjadi salah satu minuman yang tepat untuk sahur karena ion membantu proses penyerapan cairan dan menahan cairan lebih lama didalam tubuh. (Ev & Ar)

----

Foto: Istimewa

Pocari Sweat,ION tubuh,Konsumsi Ini Saat Sahur,Hindari teh dan kopi

Artikel Terkait

Comments