Tubuh Bugar Saat Puasa Bersama ReFIT

Tubuh Bugar Saat Puasa Bersama ReFIT

Untuk menjaga tubuh tetap fit saat puasa, kita tetap perlu melakukan olahraga ringan. ReFIT membagikan gerakan olah raga yang praktis, dengan banyak variasi sehingga Anda tak mudah bosan.  Olah raga ringan ini sebaiknya Anda lakukan menjelang buka puasa atau setelah buka puasa.

 

1. Mobility Training / Dinamic stretching

Mobility training merujuk pada latihan yang akan meningkatkan jangkauan gerak Anda atau mengontrol otot-otot yang mengelilingi setiap sendi. Yadi selaku coaching trainer ReFIT  menjelaskan kepada WI bahwa mobilitas menggabungkan fleksibilitas dan kekuatan, sangat penting untuk membantu Anda berjongkok lebih dalam, mendorong lebih keras dan melompat lebih tinggi.Fungsinya adalah untuk perenggangan bagian otot – otot yang sifatnya mobile. Hal itu dilakukan agar gerak tubuh lebih maksimal saat latihan.

 

2. Treadmill

Latihan menggunakan treadmill akan membuat Anda  lebih fokus dan konsisten terhadap gerakan lari Anda. Selain itu, kemudahan dalam menggunakan treadmill  juga bisa memotivasi Anda  untuk lebih rajin berlatih secara rutin.

Berlari di treadmill sejauh 1 mil, dapat  membakar rata-rata sebanyak 100 kalori. Jika Anda meningkatkan kecepatan dan melakukan latihan treadmill dengan intensitas tinggi maka semakin banyak kalori yang Anda bakar. Treadmill juga dapat membantu Anda membentuk otot tubuh. Ketika berlari di atas treadmill, otot kaki Anda akan bekerja dan lama kelamaan semakin terbentuk. Selain itu, berolahraga dengan treadmill dapat meningkatkan fungsi otak, menghilangkan stres serta mencegah osteoporosis atau pengeroposan tulang.

3. Lat Pulldown

Lat Pulldown berfungsi untuk melatih otot punggung Anda, sehingga dapat membentuk tubuh.

Untuk latihannya, Anda dapat duduk pada alat Lat Pulldown dan pegang palang dengan genggaman overhand sedikit melebihi lebar bahu. Tarik tulang belikat bahu ke bawah dan ke belakang dan tarik palang ke arah dada. Berhenti sejenak, lalu kembali ke posisi awal secara perlahan.

 

4. Air Squat

Gerakan dasar air squat ini  cukup mudah dilakukan. Anda hanya  berdiri dengan posisi kaki dibuka selebar bahu, lalu turunkan tubuh secara perlahan dengan menggunakan otot perut. 

Gerakan squat ini dapat  membakar kalori di area paha, betis, dan pinggul. Melakukan gerakan squat selama 15 menit bisa bantu membakar sekitar 200 kalori dalam tubuh. Selain itu, gerakan ini bisa membakar kalori, gerakan squat juga bisa memberi sejumlah manfaat luar biasa pada tubuh wanita. 

 

5. Shoulder Press

Gerakan ini dinamakan Shoulder  Press yang dilakukan dengan cara mengangkat kedua tangan yang memegang barbel ke atas bahu, kemudian angkat lagi sampai ke atas kepala. Latihan ini tidak hanya efektif untuk melatih otot bahu, tapi juga baik untuk latihan trisep.

 

 

6. Plank Reach

Plank adalah salah satu olahraga yang efektif menguatkan otot inti tubuh, melatih otot perut bagian dalam dan membentuk otot perut six pack.  Dalam waktu bersamaan, plank akan mengoreksi tulang belakang yang bengkok sekaligus memperkuat daerah punggung atas dan bahu, leher serta dada dan otot perut.

Bila rutin melakukan gerakan ini, Anda dapat mengencangkan perut dan meratakannya. Karena sekitar 10 persen dari lemak tubuh mengendap di perut. Lemak perut (lemak viseral) adalah jenis lemak tubuh yang paling berbahaya. Kelebihan lemak di area ini terkait dengan berbagai masalah kesehatan, mulai dari penyakit hati, demensia hingga kanker payudara.

 

 

7. Vipr Uppercut

Gerakan ini dimulai dengan posisi kaki kiri menekuk ke depan, kaki kanan ke belakang dan  bertumpu pada tumit.  Lalu kedua tangan memegang vipr sambil  mengayun ke arah atas bahu.  Lakukan gerakan ini sambil menggerakkan tubuh naik dan turun.

Olahraga ini dapat berfungsi untuk  melatih upper body  atau melatih kekencangan otot lengan, perut, pundak dan otot dada.

 

8. Split Squat

Dalam split squat,  kedua kaki  disejajarkan seluas pundak  lalu posisikan tubuh Anda setengah berjongkok dan tahan selama hitungan 20 detik.  

Olahraga ini dapat membakar kalori dan lemak  karena gerakannya yang aktif dan dinamis. Gerakan squat yang simple justru efektif untuk membantu menurunkan berat badan Anda, serta dapat membentuk otot kaki. Bagian tubuh yang aktif melakukan gerakan ini adalah  bagian bawah. Dengan demikian, olahraga ini dapat membentuk otot kaki, otot pantat, otot paha, dan otot betis.(RV)

Foto : Zulham

 

 

ReFIT , Olahraga, Sehat, Bugar, Puasa, Ramadan

Artikel Terkait

Comments