Serunya Ngabuburit Sambil Mengunjungi Rooftop Food Garden

Serunya Ngabuburit Sambil Mengunjungi Rooftop Food Garden

Terbatasnya lahan, terutama di perkotaan tidak menjadikan kita sulit untuk bercocok tanam. Seperti ketika WI diajak untuk berkunjung ke rooftop food garden di Super Indo Pondok Kelapa minggu lalu.

Fasilitas berkebun bagi masyarakat ini mengusung konsep urban farming, kegiatan menanam tanaman produktif seperti buah dan sayur di perkotaan dengan lahan terbatas. Rooftop food garden yang merupakan perluasan dari kegiatan berkebun yang sebelumnya telah dijalankan di Super Indo di RE Martadinata Ciputat - Tangerang Selatan, Wibawa Mukti - Bekasi, Ujung Berung - Bandung, dan Pabuaran Cibinong - Bogor dengan lebih dari 200 anggota aktif.

“Kegiatan ini diinisiasi karena membawa banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan. Apalagi di perkotaan seperti Jakarta yang lahannya makin terbatas. Inisiatif rooftop food garden ini pertama kalinya yang dijalankan peritel di Indonesia. Kegiatan ini juga untuk membantu pelanggan kami mengadopsi kebiasaan makan sehat dengan cara-cara yang menyenangkan,” jelas Head of Corporate Affairs & Sustainability Super Indo, Yuvlinda Susanta.

Lahan rooftop food garden ini bisa memfasilitasi 30 anggota di setiap batch-nya. Selama dua bulan periode training, anggota akan mendapatkan kelas berkebun dengan materi yang telah dipersiapkan, yaitu cara mengolah media tanam, cara memilih benih, cara merawat tanaman, cara memanen, hingga cara mengolah dan menyimpan hasil panen. Ada pula pengenalan dua teknik menanam, yaitu di bercocok tanam di lahan tanah dan vertikultur.

Selain kelas berkebun, anggota juga berkesempatan memperoleh kelas nutrisi dan kelas memasak, mereka diajarkan cara mengolah hasil kebun dan cara memasak menu makanan lezat dengan cara sehat. Beberapa hasil kebun juga dijual di gerai Super Indo.

Acara hari itu dilanjutkan dengan buka puasa bersama di Dapur Javara, Kemang, Jakarta Selatan yang juga dihadiri Presiden Direktur PT Lion Super Indo, Johan Boeijenga dan VP of Buying & Indirect Procurement, Donny Ardianta Passa. (AR)

-----
Foto: Arimbi dan Dok. Pribadi

rooftop garden,urban farming

Artikel Terkait

Comments